ASEAN University Games 2024
Tenis Indonesia Juara Umum ASEAN University Games 2024, Raih Empat Emas Ungguli Thailand

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Indonesia merebut juara umum cabang olahraga (cabor) tenis ASEAN University Games (AUG) 2024, dengan mengoleksi empat emas.

Kepastian tampilnya Indonesia sebagai juara umum tenis AUG 2024, setelah pada hari terakhir yang menandingkan lima nomor partai final di lapangan tenis Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Indonesia menambah dua emas, Minggu (30/6/2024). Sebelumnya, Indonesia menyapu bersih dua keping emas di nomor beregu.

Tenis diikuti 4 negara, Indonesia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Dari tujuh nomor yang dipertandingkan secara keseluruhan, Thailand finis di posisi kedua klasemen perolehan medali cabor tenis dengan merebut tiga emas dari nomor tunggal putra dan putri serta ganda putra.

Baca Juga:  Futsal Indonesia Raih Emas Bekuk Malaysia di Final ASEAN University Games 2024, Thailand Kebagian Perunggu

Koordinator Pertandingan Wilayah Unesa, Dwi Cahyo Kartiko mengatakan, kegagalan Indonesia di sektor tunggal putri diawali dari cederanya petenis andalan Fadona Kusumawati yang menyerah dari Watsachol Sawatdee (Thailand) di semifinal, Sabtu (29/6), dengan skor 6-7 (5), 0-3 (ret).

Fadona tak mampu melanjutkan pertandingan pada set kedua dan harus menyerah karena dehidrasi. Di semifinal lainnya, Fitriani Sabatini juga gagal melaju ke final, setelah takluk dari pemain tangguh Thailand, Viera Deeperm 3-6, 6-7.

Final tunggal putri akhirnya mempertemukan dua pemain Thailand yang dimenangkan Sawatdee 6-4, 7-6, 6-3. Juara tunggal putra diraih Akanit Pumjit setelah menaklukkan andalan Indonesia Gunawan Trismuwantara 6-4, 3-6, 6-3.

Baca Juga:  Bola Voli Putra Indonesia Kalahkan Singapura 3-2 di ASEAN University Games 2024
Baca Juga:  Tenis Beregu Indonesia Kawinkan Medali Emas di ASEAN University Games 2024

Penjabat Gubernur Jatim Adhy Karyono didampingi Rektor Unesa Prof.Dr.Nurhasan menyaksikan langsung laga final nomor perorangan.

Tim Indonesia untuk AUG 2024 ini, banyak diperkuat petenis asal Jawa Timur (Jatim). Di kelompok putra Jatim, memberikan kontribusi dua atlet yakni Gunawan dan Tegar Abdi, sedangkan di sektor putri menyumbang dua atlet juga, Fadona dan Khofifah Indah Paraswati.

Di nomor ganda putra Tegar Abdi/Lucky Chandra, harus menyerah pada Anapat Timangkul/Majoli Maggioli 6-1, 1-6, 3-6. Indonesia mengambil nomor ganda putri yang dipersembahkan si kembar Fitriani Sabatini/Fitriana Sabrina setelah menundukkan Sawatdee/Viera Deeperm 6-2, 6-2.

Sisa satu pertandingan di nomor ganda campuran yang dimainkan pada sesi terakhir, karena menunggu pemain yang merangkap di nomor tunggal sebelumnya, pasangan tuan rumah Gunawan/Fitriana menyumbang satu emas setelah menang dua set langsung atas Yatawee Chimcham/Majoli Maggioli dengan skor 7-5, 6-2. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *