Rumah Sakit Malaysia Catat Lebih 100 Ribu Pasien dari Indonesia Berobat ke Malaysia

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kumpulan Perobatan Johor (KPJ) Malaysia mencatat sejak Januari 2024, lebih dari 100 ribu pasien dari Indonesia berobat ke puluhan rumah sakit di Malaysia.

Kemajuan teknologi operasi yang lebih canggih, yakni dengan menggunakan robot, menjadi alasan utama pasien dari Indonesia memilih berobat ke rumah sakit di Malaysia.

Deputy General Manager Health Tourism Rumah Sakit KPJ Malaysia, Farah Delah Suhaimi mengatakan, dari 29 rumah sakit yang tergabung dalam KPJ Malaysia, jumlah pasien dari Indonesia yang mencapai lebih 100 ribu tersebut, terbanyak berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera.

Baca Juga:  FK Unair Siapkan Tes MMPI bagi Mahasiswa PPDS untuk Hindari Stres

“Sepanjang 2023, ada lebih dari 500 ribu pasien dari Indonesia ke Malaysia. Khusus ke rumah sakit di KPJ ada lebih dari 160 ribu orang,” ujar Farah usai membuka pameran KPJ Healthcare Expo 2024 di Tunjungan Plaza 3 Surabaya, Kamis (27/6/2024) malam.

Farah menyebut, paling banyak pasien dari Indonesia berobat jantung, kanker, ortopedik, hingga program bayi tabung.

Baca Juga:  Dokter Unusa: Bahasa Isyarat Penting bagi Pelayanan Kesehatan Pasien Bisu-Tuli

“Tahun ini, sudah ada lebih 100 ribu, dan kita perkirakan akan lebih banyak lagi pasien Indonesia yang berobat ke rumah sakit di Malaysia,” ungkapnya.

Menurut Farah, rata-rata alasan pengobatan didominasi kemajuan teknologi operasi yang sudah menggunakan robot.

“Sebenarnya, di RS KPJ operasi adalah jalan terakhir. Penyakit jantung itu pemasangan ring itu 40 sampai 50 persen perlu ring, tapi di RS KPJ kalau sudah 70 persen baru beri ring,” jelasnya.

Baca Juga:  UK Petra Surabaya Resmi Buka Fakultas Kedokteran dan Hanya Terima 50 Camaba

Chief Marketing Officer KPJ Healthcare Berhad, Sherene Azli menjelaskan, dari semua jenis pelayanan, jantung dan kanker mendominasi, dan kemudian disusul jenis pelayanan lainnya.

“Kami tidak bawa data berapa jumlahnya, tapi tampak sementara ini sejak awal tahun,” pungkas Sherene.

Pameran KPJ Healthcare Expo 2024 ini digelar di Tunjungan Plaza 3 Surabaya, 27-30 Juni 2024. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *