Berita Kota Malang
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Ajak Kelompok Rentan Pahami Risiko Bencana

MALANG, SURYAKABAR.com – Potensi, risiko dan dampak yang sulit diprediksi cenderung menjadi kendala dalam penanganan terjadinya bencana, terlebih apabila ada kelompok rentan di dalamnya. Inilah yang menjadi perhatian dari Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat.

Hadir membuka Sosialisasi dan Edukasi Rawan Bencana Tematik di Hotel Ijen Suite, Selasa (11/6/2024), orang nomor satu di Pemkot Malang itu menegaskan pentingnya edukasi yang diberikan kepada kelompok rentan dalam menghadapi bencana.

Dalam sambutannya, pemahaman tentang pentingnya potensi, risiko dan dampak terjadinya bencana perlu dipahami semua pihak tanpa terkecuali kelompok rentan seperti disabilitas, lansia dan pemuda. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir dampak yang lebih besar seperti adanya korban jiwa.

Baca Juga:  Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat Ala Dosen Peternakan UMM

Karena itulah, Wahyu mengatakan perlunya kolaborasi dan sinergi semua pihak dalam membangun komitmen meminimalisir terjadinya bencana.

Secara khusus Wahyu juga berharap peserta yang hadir dapat memberikan masukan kepada Pemerintah Kota Malang sebagai bahan untuk mengambil kebijakan.

“Butuh langkah bersama dalam membangun komitmen untuk penanggulangan dan penanganan bencana di Kota Malang. Khususnya bagaimana saudara-saudara sekalian mengetahui apa saja potensi, risiko dan dampak yang timbul akibat bencana,” tutur Wahyu.

Baca Juga:  Unusa Buka Prodi Magister Pendidikan Dasar untuk Tingkatkan Kompetensi Guru
Baca Juga:  Optimalkan Pelayanan Publik, Pemkot Malang Gandeng Ombudsman

“Karena itu, saya berharap sosialisasi ini dapat menjaring masukan yang disampaikan. Nantinya masukan dan usulan yang ada akan ditindaklanjuti melalui Musrenbang tematik sebagai bentuk dan upaya perencanaan pembangunan yang berkelanjutan,” tambahnya.

Dalam sosialisasi yang digelar BPBD Kota Malang ini, sekitar 130 orang hadir termasuk 75 orang kelompok disabilitas.

Usai menyampaikan sambutan, didampingi Kalaksa BPBD Kota Malang, Pj. Wali Kota Malang menyerahkan secara simbolis seminar kit kepada peserta sosialisasi. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *