Berita Sidoarjo
Ini Hasil Gelar Sidak Dispaperta Kabupaten Sidoarjo terhadap Sapi Kurban

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pegawai Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Sidoarjo menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa titik sentra penjualan hewan kurban di Jalan Veteran, Lingkar Timur, Selasa (11/6/2024) pagi.

Pada sidak kali ini, petugas menemukan tiga sapi dengan gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMS). Gejala PMK terlihat dari mulut sapi yang terus mengeluarkan air liur.

Kabid Produksi Peternakan, Dinas Pangan Pertanian Kabupaten Sidoarjo drh. Toni Hartono meminta kepada pedagang agar sapi-sapi dengan gejala PMK tersebut dipisah agar tidak menular ke hewan kurban yang lain.

Baca Juga:  Embarkasi Surabaya Berangkatkan Total 106 Kloter Berjumlah 39.322 Jemaah Calon Haji

“Harus segera dipisah karena penularannya sangat cepat. Tangan pedagang juga harus steril setelah menyentuh sapi dengan gejala PMK,” tuturnya.

Menurutnya, gejala PMK bukan hanya terlihat dari mulut yang mengeluarkan banyak air liur serta kuku yang terlepas, namun juga nafsu makan yang turun.

Baca Juga:  Kereta Commuter Line dan Truk Muatan Jagung Tabrakan di Sidoarjo
Baca Juga:  Warga Perumahan Istana Mentari Sidoarjo Peduli Lingkungan Kompak Ikuti Kerja Bakti

“Tiga sapi dengan gejala PMK ini kemudian kami berikan suntikan antibiotik untuk support teraphy. Selain itu kami juga memberikan vitamin agar nafsu makannya kembali pulih,” jelasnya.

Toni menjelaskan, Dispaperta akan terus menggelar sidak di wilayah Sidoarjo yang lain agar masyarakat mendapatkan hewan kurban yang benar-benar sehat.

“Saat Idul Adha nanti, kami juga akan menggelar sidak untuk mengecek daging kurban agar masyarakat mengkonsumsi daging yang sehat. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *