Embarkasi Surabaya Berangkatkan Total 106 Kloter Berjumlah 39.322 Jemaah Calon Haji

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya memberangkatkan total sebanyak 39.322 jemaah calon haji yang terbagi dalam 106 kelompok terbang (Kloter) pada musim haji 2024.

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Mufi Imron Rosyadi mengatakan, kloter 106 yang merupakan kloter terakhir berjumlah 363 jemaah calon haji dan 4 petugas haji. Mereka berasal dari Kabupaten Pamekasan sebanyak 219 jemaah, Sidoarjo 108 jemaah, Surabaya 34 jemaah, dan Gresik 2 jemaah.

“Sejak proses keberangkatan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), mulai kloter 1 pada 12 Mei lalu hingga kloter terakhir ini, terdata sebanyak 15 calon haji yang dipulangkan ke daerah asal, karena sakit tak kunjung sembuh,” ujar Mufi usai memberangkatkan jemaah calon haji kloter 106 di AHES, Senin (10/6/2024) petang.

Baca Juga:  PPIH Embarkasi Surabaya: 15 Jemaah Calon Haji Masih di AHES, Keberangkatannya Tertunda

Selain itu, tercatat tiga jemaah calon haji yang meninggal dunia di AHES, menjelang keberangkatan ke Tanah Suci. Namun, PPIH Embarkasi Surabaya memastikan seluruhnya telah digantikan jemaah dari daftar cadangan.

“Jadi terpenuhi kuotanya. Posisi jemaah kita begitu ada yang pulang atau sakit dan dirawat, langsung digantikan dengan jemaah di daftar cadangan berdasarkan urutan berikutnya,” terang Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur (Plt Kakanwil kemenag Jatim) itu.

Baca Juga:  Gunakan Non Visa Haji 34 Jamaah Pulang ke Indonesia, Tiga Orang Diproses Hukum di Arab Saudi
Baca Juga:  Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia Lewat Aksi Tukar Rokok dengan Susu

Selanjutnya, selama menjalankan ibadah di Tanah Suci, para jemaah diminta menjaga kesehatan, mengingat kondisi cuaca yang sangat panas di Arab Saudi.

“PPIH mengimbau para jemaah membawa persediaan air minum. Selain itu, membawa payung, memakai kaca mata hitam dan alas kaki, serta tidak terlambat makan agar tetap prima hingga pelaksanaan ibadah puncak haji di Arafah,” jelasnya.

Di sisi lain, hingga keberangkatan kloter terakhir, PPIH Embarkasi Surabaya mencatat sebanyak sembilan jemaah calon haji meninggal dunia di Tanah Suci. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *