Siswa SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Kampanye Kurangi Sampah Plastik

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo mengisi hari libur, Minggu (9/6/2024) dengan kampanye kurangi sampah plastik.

Kegiatan ini melibatkan 80 siswa dari kelas 8 dan didampingi 10 guru termasuk Direktur Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam Tropodo (LPFDT), Ali Efendi, S.Pd,M.M.

Kegiatan diawali pukul 06.00 WIB di Bundaran Juanda. Siswa-siswi SMP Al Falah Darussalam berkeliling di sekitar Bundaran Juanda membawa spanduk bertuliskan “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Gaya hidup berkelanjutan, Reduce Plastic Pollution”.

“Ini merupakan kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) temanya kampanye kebersihan yakni Gaya Hidup Berkelanjutan, Reduce Plastic Pollution,” ujar Direktur LPFDT, Ali Efendi, S.Pd,M.M kepada suryakabar.com, Minggu (9/6/2024).

Baca Juga:  Mahasiswa UMM Ciptakan Alat Isi Ulang Produk Otomatis untuk Kurangi Sampah Plastik
Baca Juga:  SMAN 1 Wonoayu Juara Piala Surya Kabar 2024 Regional Sidoarjo akan Tampil di Grand Champions

Pada kegiatan ini, siswa siswi SMP Al Falah Darussalam mengambil sampah plastik yang mereka temukan. Mereka juga mengajak warga untuk mengurangi sampah plastik sekaligus menjaga kebersihan lingkungan.

“Untuk mengurangi sampah plastik ini, ada alternatif sedotan yang tidak menggunakan sedotan plastik, tetapi sedotan dari stainless. Alternatf sedotan stainless ini merupakan karya dari siswa-siswi kami. Sedotan stainless ini tidak sekali pakai, bisa digunakan berkali-kali, sehingga bisa mengurangi sampah plastik,” paparnya.

Baca Juga:  Puluhan Murid YPM Sidoarjo Nyemplung Kali Bersihkan Sampah
Baca Juga:  Mampu Kurangi Sampah Masuk TPA, Kabupaten Sidoarjo Raih Piala Adipura 2023

Sementara itu Jumain, S.Pd.I., M.Pd.I, Kepala Sekolah SMP Al Falah Darussalam Tropodo mengatakan, kampanye kebersihan kurangi sampah plastik ini juga melibatkan warga.

“Anak-anak pada kesempatan ini langsung mewawancarai beberapa warga yang ada di lokasi terkait polusi sampah plastik,” kata Jumain.

Menurut Jumain setelah kegiatan di Bundara Juanda dilanjutkan gowes ke Puri Surya Jaya dan ke Masjid Al Ikhlas untuk shalat dhuha kemudian sarapan dan pulang.

“Jadi selain kampanye kurangi sampah plastik, anak-anak juga berolahraga gowes,” tandasnya. (es) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *