FKM Unair Buka Program Double Degree Kerja Sama dengan Griffith University Australia

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Program Studi (Prodi) Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair) Surabaya bekerja sama dengan Griffith University Australia membuka program Double Degree.

Pendaftaran bagi mahasiswa baru, khususnya fresh graduate dibuka mulai 2 Juni hingga 20 Agustus 2024. Namun, kuota atau daya tampungnya sangat terbatas hanya 25 mahasiswa saja.

Koordinator Prodi K3 FKM Unair, Dr Indriati Paskarini SH MKes mengatakan, mahasiswa yang mendaftar program Double Degree tersebut, nantinya hanya menempuh satu tahun studi di prodi S2 K3 FKM Unair, dan satu tahun di Griffith University Australia.

“Sehingga, mahasiswa bisa mendapatkan dua gelar sekaligus dari Unair dan Griffith Australia,” ujar Indriati, Jumat (31/5/2024).

Baca Juga:  Seni Urban Unair Libatkan Belasan Seniman dan Warga Kampung Plampitan Surabaya

Indriati menjelaskan, K3 FKM Unair memiliki dua program, yakni program reguler yang bisa diikuti para mahasiswa dari fresh graduate dan sudah bekerja.

“Program Double Degree ini adalah keunggulan dari prodi S2 K3 FKM Unair. Bahkan, di Indonesia, Double Degree hanya ada di Unair. Istimewanya lagi, mahasiswa mendaftar di program Double Degree mendapatkan banyak keuntungan,” ungkapnya.

Menurut Indriati, mahasiswa yang mengikuti program Double Degree akan studi di Australia selama satu tahun dan memiliki kesempatan yang luas untuk mendapatkan teman dan jejaring dari seluruh dunia.

Selain itu, mereka memiliki pengalaman belajar di luar negeri, serta mendapatkan pengalaman bekerja maupun memulai karier di luar negeri, terutama di Australia.

Baca Juga:  Barunastra ITS Usung Inovasi ASV di Kongres Maritim Internasional 2024 di Rusia
Baca Juga:  Dosen Manajemen UMM Berbagi Tipe Gen Z Cepat Beli Rumah

Program Double Degree yang bekerja sama dengan Griffith University Australia ini sudah dimulai sejak 2018, dan dilanjutkan dengan pembaharuan kerja sama pada 2022 dan berlaku hingga lima tahun ke depan.

Dalam proses pelaksanaan program Double Degree, prodi Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja memperluas berbagai kerja sama untuk optimalisasi pelaksanaan program ini.

“Beban studi pendidikan prodi Magister K3 ini sebanyak 46 SKS yang dijadwalkan untuk empat semester, dan dapat ditempuh dalam waktu sekurangnya tiga semester,” jelasnya.

Di sisi lain, keilmuan di bidang K3 memiliki peluang karier di semua bidang industri. Mulai dari bidang pertambangan dan perminyakan, industri padat karya, auditor K3, K3 di rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) lainnya, hingga akademisi. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *