Piala Surya Kabar 2024
SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo Sapu Bersih Kemenangan di Babak Penyisihan Piala Surya Kabar 2024 Regional Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo (Musasi) berhasil menyapu bersih kemenangan di dua laga babak penyisihan Grup E Piala Surya Kabar 2024 Regional Sidoarjo kategori SMP/MTs.

Setelah mengalahkan SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, 4-2, Minggu (19/5/2024), tim asuhan Rifki Zakiyuddin itu kembali meraih kemenangan di laga kedua dengan menundukkan, SMP Hang Tuah 5 Candi, 3-0, Senin (20/5/2024).

Kemenangan Musasi 3-0 atas SMP Hang Tuah 5 Candi diraih lewat kerja keras. Di babak pertama Musasi unggul 1-0 lewat gol cepat di awal pertandingan.

Usai lahirnya gol itu, SMP Hang Tuah 5 Candi berupaya mengejar ketinggalan dengan memainkan tempo permainan cepat dan pressing ketat.

Beberapa kali ancaman dilakukan SMP Hang Tuah 5 Candi ke gawang Musasi, namun hingga babak pertama berakhir kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Musasi.

Baca Juga:  Ini Hasil Pertandingan Lengkap Piala Surya Kabar 2024 Regional Kediri dan Distribusi Juaranya

Mengawali babak kedua, Musasi kembali mencuri gol cepat. Berawal dari bola sodoran kick off, pemain Musasi dari sisi kanan pertahanan SMP Hang Tuah 5 Candi berhasil menjebol gawang SMP Hang Tuah 5. Sementara gol ketiga Musasi tercipta dari set piece tendangan bebas.

Pelatih Musasi, Rifki Zakiyuddin mengaku sebelum pertandingan, dirinya meminta agar pemainnya tidak larut dalam euforia kemenangan di laga pertama.

“Kami meminta anak-anak untuk melupakan euforia kemenangan di pertandingan pertama dan fokus di pertandingan kedua. Kami mulai dari nol lagi, berusaha lagi, karena sistem grup yang diterapkan di turnamen ini yakni menghadapi tim lawan atas dan bawah di dalam satu grup sesuai hasil drawing, ini seperti sistem gugur. Jadi, setiap pertandingan harus raih poin penuh,” paparnya.

Baca Juga:  SMPN 2 Sidoarjo B Kalahkan SMP Budi Utomo Prambon di Piala Surya Kabar 2024

Lebih jauh Rifki Zakiyuddin menyebut secara teknis kekuatan kedua tim imbang. “Beruntung anak-anak pandai memanfaatkan momen sekecil apapun. Kami sebetulnya lebih banyak nunggu di daerah sendiri dan mengandalkan counter attack. Ini kami lakukan, karena kami hanya memiliki dua pemain kunci, Farel dan kapten tim Gilang. Kami memanfaatkan dua pemain ini untuk counter attack,” tandasnya.

Piala Surya Kabar 2024 Regional Sidoarjo kategori SMP/MTs diikuti 31 tim. Di babak penyisihan dibagi delapan grup. Tujuh grup masing-masing dihuni empat tim dan satu grup diisi tiga tim.

Baca Juga:  SMPN 7 Blitar Juara Piala Surya Kabar 2024 Regional Blitar

Sistem pertandingan di dalam grup, setiap tim bertanding dua kali. Formatnya menghadapi tim yang berada di atas dan di bawahnya sesuai hasil drawing. Juara dan runner up grup lolos ke 16 Besar. Mulai 16 Besar hingga final menggunakan sistem gugur.

Piala Surya Kabar 2024 digelar di empat regional, Sidoarjo, Blitar, Tulungagung dan Kediri. Kategori SMP/MTs baru digelar mulai tahun ini. Khusus Regional Kediri, kategori SMP/MTs tidak digelar.

Regional Blitar dan Regional Kediri sudah merampungkan seluruh pertandingan. Juara kategori SMP/MTs Regional Blitar direbut SMPN 7 Blitar, sedang kategori SMA/SMK/MA juara disabet SMAN 1 Srengat. Juara SMA/SMK/MA Regional Kediri juara diraih SMAN Ngoro Jombang.

Seperti tahun lalu, juara kategori SMA/SMK/MA dari masing-masing regional akan bertemu di Grand Champions.  (es) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *