PD Pasar Surya Surabaya Launching Senja Surya 3.0 di Pasar Bratang untuk Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya Ke 731

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PD Pasar Surya Surabaya kembali menggulirkan event bertajuk Senja Surya 3.0. Event untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 ini, kali ini digelar di Pasar Burung Bratang, setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Pasar Wonokromo Surabaya.

Event Senja Surya 3.0 dibuka langsung Direktur Utama PD Pasar Surya Surabaya, Agus Priyo, Senin (20/5/2024) malam. Event yang digelar ketiga kalinya ini berlangsung, 20-31 Mei 2024.

“Senja Surya 3.0 ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Surabaya ke 731,” kata Agus Priyo di sela launching Senja Surya 3.0, Senin (20/5/2024).

Agus Priyo menjelaskan, Senja Surya 3.0 dibuka mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB. Event yang didukung Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan KERRY Apex tersebut, menyajikan beragam produk kuliner Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Surabaya.

Baca Juga:  Kemendag Bantu Akses Pemasaran Produk UMKM ke Pasar Internasional

“Konsep Senja Surya ini kita memperkenalkan produk-produk UMKM dari Kota Surabaya. Terima kasih banyak kepada BRI yang sudah mendukung tergelarnya acara ini,” ujarnya.

Selain mempromosikan produk UMKM Surabaya, Agus Priyo menyebut, Senja Surya 3.0 sekaligus bertujuan untuk me-rebranding 67 pasar tradisional di bawah pengelolaan PD Pasar Surya. Salah satunya Pasar Bratang yang dikenal sebagai pusat penjualan burung, tanaman, hingga barang-barang antik.

“Kita kenalkan pada masyarakat, pasar saat ini itu nyaman dan aman untuk belanja. Di sini juga untuk mengenalkan Pasar Bratang yang bagus, legendaris, tematik. Ada pasar burung, pasar bunga, dan pasar barang antik,” katanya.

Baca Juga:  UMKM Binaan Pertamina Jadi Incaran Pemudik di Lebaran 2024

Selain menyajikan 15 UMKM kuliner, Senja Surya 3.0 di Pasar Bratang juga dimeriahkan berbagai hiburan hingga perlombaan menarik. Seperti di antaranya, live akustik, zumba, pameran bunga, lomba karaoke, lomba joget, klinik kesehatan dan donor darah, klinik kecantikan, komunitas motor, lomba mewarnai anak hingga pesta durian.

“Nanti tanggal 22 Mei ada pesta durian, ada juga zumba dan dari BRI juga support doorprize motor. Alhamdulilah bisa meningkatkan animo masyarakat untuk datang,” bebernya.

Di hari pertama Senja Surya 3.0, Agus Priyo mengakui jika animo masyarakat yang datang begitu tinggi. Bahkan, ada stand UMKM sampai menghabiskan beberapa item produk. Sementara untuk sistem transaksi sendiri seluruhnya dilakukan melalui QRIS atau non-tunai.

“Harapan kami PD Pasar Surya bersama BRI bisa mengembangkan, meningkatkan pendapatan UMKM. Sehingga UMKM bisa naik kelas dan pengunjung juga bisa terus ramai,” harapnya.

Baca Juga:  Aplikasi Analisis Beban Kerja Siap Diterapkan di Fakultas Teknik Untag Surabaya

Di kesempatan yang sama, Regional Manager Bisnis Head BRI RO Surabaya, Dody Koesharsanto menyatakan, pihaknya selalu berpartisipasi dan mendukung program kesejahteraan UMKM. Salah satunya melalui event Senja Surya 3.0 yang digelar BUMD Kota Surabaya.

“Apalagi ini juga sejalan dengan program Bank Rakyat Indonesia, cashless. Jadi semua program ini kita harapkan bisa cashless. Kesatu, bisa mengurangi peredaran uang palsu. Kedua, memudahkan karena tidak perlu mencari kembalian dan ketiga melatih masyarakat menabung,” kata Dody.

Di samping itu, Dody memastikan, program peningkatan kesejahteraan UMKM yang dilakukan BRI juga menyasar ke semua sektor. Baik sektor pasar tradisional di bawah pengelolaan PD Pasar Surya maupun Sentra Wisata Kuliner (SWK).

“Jadi semua UMKM kita majukan, baik dari segi apapun, mau itu Pasar Bunga, Pasar Buah, Pasar Burung, SWK dan lain-lain. Yang penting tujuannya adalah kita meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama pelaku UMKM,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *