PPIH Embarkasi Surabaya Catat Delapan Jemaah Calon Haji Tunda Berangkat

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya mencatat, hingga Rabu (15/5/2024), Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 14 kloter jemaah calon haji ke Tanah Suci Makkah. Dari 14 kloter yang telah berangkat, terdapat delapan jemaah calon haji yang harus tertunda keberangkatannya.

Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris mengatakan, delapan orang yang tertunda keberangkatannya ini sebagian besar karena sakit.

“Rinciannya, dua jemaah dan dua pendamping yang sakit berasal dari kloter 7, satu jemaah yang sakit dari kloter 8, satu jemaah yang sakit dari kloter 12, serta satu jemaah dan satu pendamping yang sakit dari kloter 14,” ujar Haris, Rabu (15/5/2024).

Baca Juga:  Kisah Hardjo Mislan, Jemaah Calon Haji Tertua di Embarkasi Surabaya, Berusia 109 Tahun
Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris saat memberikan keterangan kepada awak media di AHES.

Haris menjelaskan, sebagai upaya untuk melindungi jemaah calon haji dari bahaya gigitan nyamuk, Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Surabaya yang merupakan bagian dari PPIH Embarkasi Surabaya rutin melakukan fogging di komplek Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

Menurut Haris, kegiatan fogging sebelumnya juga telah dilaksanakan tim BBKK sepekan menjelang kedatangan jemaah ke AHES.

Baca Juga:  Empat Jemaah Calon Haji Asal Lamongan Tunda Berangkat ke Tanah Suci karena Sakit
Baca Juga:  60 Petugas Imigrasi Kemenkumham Jatim Bantu Proses Clearance Paspor Haji di AHES

“Selasa kemarin adalah hari keempat jemaah haji masuk Asrama, tim fogging rutin seminggu sekali melakukan fogging Asrama,” jelasnya.

Haris mengakui, fogging efektif dilakukan pada pagi hari, karena pada saat tersebut, nyamuk dalam keadaan resting setelah semalam beraktivitas. Namun, karena masih terdapat jemaah di AHES, fogging dilakukan di beberapa ruang yang letaknya jauh dari jangkauan jemaah, termasuk di selokan atau saluran drainase, serta semak-semak.

Haris berharap, melalui fogging ini, jemaah haji bisa merasa nyaman dan aman di Asrama Haji tanpa ada gangguan nyamuk apalagi terjangkit demam berdarah. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *