Empat Jemaah Calon Haji Asal Lamongan Tunda Berangkat ke Tanah Suci karena Sakit

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tim Kesehatan Haji Embarkasi Surabaya memastikan empat jemaah calon haji asal Kabupaten Lamongan yang tergabung dalam kloter 7 tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan, dua jemaah di antaranya mengalami sakit anemia saat menjalani pemeriksaan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Abdul Haris mengatakan, empat jemaah calon haji tersebut merupakan dua pasangan suami istri (Pasutri). Sedangkan yang didiagnosa sakit oleh tim Kesehatan Haji Embarkasi Surabaya adalah satu orang dari masing-masing pasutri tersebut.

Baca Juga:  60 Petugas Imigrasi Kemenkumham Jatim Bantu Proses Clearance Paspor Haji di AHES

“Ada dua yang sakit, karena anemia dan kedua masih dalam proses diagnosa. Dua-duanya ini masih disertai  pasangannya, sehingga ada empat yang menunda di kloter 7,” ujar Haris, Senin (13/5/2024).

Meskipun ada empat jemaah dari kloter 7 yang tertunda keberangkatannya, Haris memastikan kuota kloter 7 tetap penuh. Sebab, PPIH langsung melakukan rotasi pergeseran jemaah dari kloter lainnya.

“Tapi kloter 7 ini alhamdulillah full seat. Karena kita nututi (keburu) untuk melakukan penggantian jemaah dengan melakukan pergeseran,” terangnya.

Baca Juga:  Pj Gubernur Jatim Lepas 366 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya
Baca Juga:  Kloter Pertama Jemaah Calon Haji 2024 Jawa Timur Mulai Berangkat dari Bandara Juanda

Nantinya, empat jemaah kloter 7 itu akan diikutkan keberangkatan bersama kloter berikutnya, setelah masing-masing pasangan mereka dinyatakan sehat dan secara fisik mampu untuk menjalankan ibadah haji.

“Mudah-mudahan yang sakit ini segera memperoleh kesembuhan, dan begitu memungkinkan menurut tim kesehatan maka kita akan gabungkan ke kloter berikutnya,” ungkapnya.

Hingga Senin (13/5/2024) petang, PPIH Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 12 kloter sebanyak 4.392 jemaah calon haji ditambah 60 petugas haji. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *