Penalti Kontroversial, Timnas Indonesia U-23 Kalah Tipis dari Guinea U-23

SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan tipis 0-1 dari Guinea pada laga play-off Olimpiade Paris 2024 di Stade Pierre Pibarot, Prancis, Kamis (9/5/2024) malam WIB. 

Indonesia menelan kekalahan dari gol tendangan penalti Ilaix Moriba menit 29. Penalti diberikan wasit Francois Letexier seusai Witan Sulaeman menjatuhkan pemain lawan.

Penalti ini berbau kontroversial. Ini karena, dalam tayangan ulang, pelanggaran Witan terjadi tipis di luar kotak penalti.

Wasit Francois Letexier kembali memberikan penalti untuk Guinea menit 74, setelah pemain belakang Alfeandra Dewangga dinilai melakukan pelanggaran kepada Algassime Bah di dalam kotak penalti.

Dalam tayangan ulang terlihat takling Dewangga mengarah ke bola, namun wasit tetap pada keputusannya memberi penalti untuk Guinea.

Kecewa dengan keputusan wasit, pelatih Shin Tae-yong memprotes. Imbasnya, pelatih asal Korea Selatan itu malah diganjar kartu merah.

Baca Juga:  UM Surabaya Tetap Siapkan Bonus untuk Kapten Timnas Indonesia U-23 Rizky Ridho

Algassime Bah yang dipercaya menjadi algojo penalti, tendangannya menerpa tiang kanan dan tidak menghasilkan gol.

Indonesia sendiri memiliki beberapa peluang. Di antaranya menit 14, namun tendangan Rafael Struick gagal menjadi gol.

Berselang dua menit tendangan Pratama Arhan dari luar kotak penalti mampu dibendung kiper Guinea. Giliran Marselino Ferdinan mendapat peluang menit 40, namun tendangan Marselino melebar.

Baca Juga:  Ribuan Warga Sidoarjo Penuhi Arena Nobar Semifinal Piala Asia U-23 2024 Timnas Indonesia U-23 Melawan Uzbekistan U-23 di Alun-alun Sidoarjo

Di babak kedua, Marselino kembali mendapat peluang menit 67. Lewat aksi individunya Marselino berhasil menerobos pertahanan Guinea. Namun, aksi itu tidak menjadi gol. Hingga laga berakhir skor tetap 1-0 untuk kemenangan Guinea.

Kendati gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024, namun pencapaian Timnas Indonesia U-23 melebihi dari target yakni lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Hasilnya, Rizky Ridho dkk sebagai tim debutan sukses menembus semifinal Piala Asia U-23 2024.

Sementara itu, Guinea di Olimpiade Paris 2024 nanti tergabung di Grup A bersama tuan rumah Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Cabang olahraga (cabor) sepak bola putra Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung, 24 Juli sampai 9 Agustus 2024. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *