UHW Perbanas Bantu Kesulitan Biaya Kuliah Lewat Beasiswa Indonesia Emas 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas Surabaya menggagas Program Beasiswa Indonesia Emas (BIE) 2024. Selain membantu calon mahasiswa baru (Camaba) yang kesulitan biaya kuliah, juga untuk ikut menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Indonesia yang unggul dan menjadi Generasi Emas 2024.

Sejumlah camaba perwakilan penerima beasiswa ini juga dihadirkan untuk menerima secara simbolis dari program beasiswa tersebut.

Rektor UHW Perbanas Surabaya, Dr Yudi Sutarso SE MSi mengatakan, program ini diberikan kepada generasi muda yang ingin berkuliah di jenjang Diploma 3 (D3) maupun Sarjana dari seluruh Indonesia.

Beasiswa ini diwujudkan dengan Pembebasan Uang Sumbangan Pendidikan (USP) dan Subsidi 50 persen Uang Kuliah Pokok (UKP) setiap semester selama menempuh studi normal.

Baca Juga:  UHW Perbanas Gelar Festival Budaya Pelepasan 35 Mahasiswa PMM Batch 3
Sejumlah calon mahasiswa baru perwakilan penerima Beasiswa Indonesia Emas 2024 UHW Perbanas Surabaya hadir menerima secara simbolis di kampus setempat.

“Di tengah maraknya kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di sejumlah kampus, kami justru memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa baru. Jadi, setiap program studi rinciannya beda-beda. Karena kampus kami ada delapan program studi dari dua fakultas yang menjalankan Beasiswa Indonesia Emas,” ujar Yudi, Kamis (9/5/2024).

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UHW Perbanas Surabaya, Dr Lutfi SE MFin menjelaskan, syarat untuk mendapatkan beasiswa ini, di antaranya nilai rata-rata kumulatif rapor kelas XI untuk Matematika dan Bahasa Inggris minimal 2,5 poin di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kuota yang disediakan juga terbatas hanya 270 kuota yang dibagi delapan prodi.

“Rinciannya, D3 Akuntansi sebanyak 20 kuota, D3 Perbankan dan Keuangan 20 kuota, S1 Akuntansi 60 kuota, dan S1 Manajemen 90 kuota. Kemudian, S1 Ekonomi Syariah, S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, dan S1 Desain Komunikasi Visual masing-masing sebanyak 20 kuota,” jelasnya.

Baca Juga:  Smamda Surabaya Wisuda 334 Siswa, Satu Siswi Raih Golden Ticket di Universitas Airlangga
Baca Juga:  Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka Hari Ini di ITB

Lutfi menegaskan, pihaknya juga memiliki syarat bagi para mahasiswa yang nanti menerima beasiswa ini. Terutama harus mendapatkan nilai Indeks Prestasi Semester (IPS) minimal 3,0.

“Semisal, jika semester dua mahasiswa tersebut tidak mencapai nilai tersebut dipastikan gagal. Tapi, jika pada semester berikutnya nilainya bagus, nanti akan kembali mendapatkan beasiswa tersebut. Dan, yang terpenting mahasiswa lulus selama menempuh studi normal,” tegasnya.

Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UHW Perbanas Surabaya, Rinda Rulijanawati merinci, setiap mahasiswa yang menerima beasiswa ini mendapatkan manfaat finansial yang berbeda sesuai prodi yang dipilih. Dengan rincian, tiga prodi di Fakultas Teknik dan Desain (S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Informatika, dan S1 Sistem Informasi) masing-masing memberikan total beasiswa sebesar Rp 16,4 juta.

“Fakultas Ekonomi dan Bisnis, untuk prodi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen total beasiswa yang diterima setiap mahasiswa baru sebesar Rp 33 juta. Kemudian, S1 Ekonomi Syariah sebesar Rp 17,4 juta. Sedangkan, program D3, setiap mahasiswa baru yang akan kuliah memperoleh manfaat finansial dari program BIE sebesar Rp 13,3 Juta,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *