Jemaah Haji Kloter Pertama Dipastikan Terbang ke Tanah Suci pada 12 Mei 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kementerian Agama (Kemenag) memastikan kelompok terbang (Kloter) pertama dari 14 embarkasi di seluruh Indonesia akan terbang ke Tanah Suci Makkah pada 12 Mei 2024, setelah sehari sebelumnya masuk Asrama Haji untuk menjalani karantina dan pemeriksaan kelengkapan dokumen haji.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, pada musim haji tahun ini, Indonesia mendapat sebanyak 241 ribu kuota haji. Jumlah tersebut terdiri atas 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

“Proses pembagian kloter dan penyusunan jadwal keberangkatan dan kepulangan jemaah sudah selesai. Kloter pertama akan mulai terbang ke Tanah Suci pada 12 Mei 2024,” ujar Mujab, Minggu (5/5/2024).

Baca Juga:  Kemenag Sebut 195.917 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Menurut Mujab, ada 14 asrama haji embarkasi di seluruh Indonesia yang akan melayani pemberangkatan jemaah haji. Yakni Embarkasi Aceh (BTJ), Medan atau Kualanamu (KNO), Batam (BTH), Padang (PDG), Palembang (PLM), Jakarta Pondok Gede (JKG), Jakarta Saudia (CKG SV atau JKS), Kertajati (KJT), Solo (SOC), Surabaya (SUB), Lombok (LOP), Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), dan Makassar atau Ujungpandang (UPG).

Mujab menjelaskan, keberangkatan jemaah haji Indonesia terbagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan gelombang pertama dijadwalkan mulai 12 hingga 23 Mei 2024. Sedangkan, gelombang kedua, pemberangkatan jemaah akan berlangsung mulai 24 Mei hingga 10 Juni 2024.

Baca Juga:  Kemenkumham Jatim Terapkan Layanan One Stop Service untuk Calon Jemaah Haji 2024
Baca Juga:  Prodi Administrasi Pendidikan FIB Universitas Brawijaya Minta Pemerintah Serius Tangani Pendidikan Inklusi

“Pada hari pertama, ada 22 kloter yang akan terbang ke Arab Saudi, yaitu dua kloter dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede, tiga kloter dari Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS), lima kloter dari embarkasi Solo, lima kloter dari Embarkasi Surabaya, serta masing-masing satu kloter dari Embarkasi Batam, Palembang, Banjarmasin, Kertajati, Lombok, Makassar, dan Padang,” jelas Mujab.

Menjelang keberangkatan, para jemaah haji Indonesia diimbau untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, istirahat yang cukup, serta tidak terlalu banyak beraktivitas. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *