PT Tjiwi Kimia Kampanyekan Kantong Kertas Ramah Lingkungan dan Ramah Makanan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk membuat terobosan dengan memproduksi dua jenis kertas, eco friendly dan food grade yang bisa mengganti bungkus plastik sehingga ramah lingkungan dan ramah makanan.

Produksi kertas kantong makanan ini sudah dimulai sejak Ramadhan lalu. Saat itu PT Tjiwi Kimia membagikan takjil, kantong pembungkus makanan yang dibagikan sudah berlisensi food grade sehingga lebih aman.

“Kami pastikan, kemasan yang kami kampanyekan ini aman bersentuhan dengan makanan, sehingga konsumen aman mengkonsumsi makanan itu. Jadi tidak berbahaya bagi kesehatan,” ucap Public Affair and License Manager PT Tjiwi Kimia Tbk, Beny Haryawan saat acara Halalbihalal bareng awak media Sidoarjo dan Mojokerto di gedung Papyrus, Selasa (23/4/2024) siang.

Menurutnya, walau pemakaian kantong plastik masih tergolong tinggi, Beny optimistis penggunaan kantong makanan food grade perlahan dapat diterima masyarakat luas.

Baca Juga:  Tim Mahasiswa ITS Bantu Penanganan Medis Berbasis Metaverse Lewat MediTwin

“Tinggal kampanye yang dilakukan harus masif. Karena untuk mengubah paradigma itu harus pelan-pelan. Selain itu riset yang kami lakukan untuk kantong ramah lingkungan tidak hanya untuk keperluan makanan saja,” tegasnya.

Yang dimaksud Beny, hasil riset juga menyasar kantong tanaman (polybag) yang ramah lingkungan. Tim riset dan pengembangan (RnD) PT Tjiwi Kimia tengah mengembangkan kantong khusus tanaman berbahan dasar kertas.

Ia menambahkan, kantong polybag yang umum beredar di pasaran berbahan dasar plastik. “Tim kami masih intens mengembangkan penelitian. Tentu dari kertas. Sebab kami melihat banyak penggunaan plastik polybag. Selanjutnya kami yakin polybag dari kertas juga banyak dipakai,” terangnya.

Baca Juga:  RSUD dr Soetomo Surabaya Terima Lebih 100 Pasien Kanker Anak Setiap Tahun
Baca Juga:  KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya Layani Lebih 878 Ribu Penumpang selama Lebaran 2024

Ia melanjutkan, polybag kertas produk PT Tjiwi Kimia Tbk sangat ramah lingkungan karena bisa terurai dalam jangka waktu sekitar tiga bulan saja. Hal ini berbeda jauh dengan polybag plastik yang selama ini digunakan dan sulit terurai.

“Biasanya kalau menanam tumbuhan, polybag plastiknya kita lepas, namun polybag kertas kita tidak perlu dilepas. Sekalian ditanam, nanti dalam tiga bulan polybagnya terurai,” jelasnya.

Menurut Beny, peran media memberikan dampak signifikan atas perkembangan PT Tjiwi Kimia, termasuk bagaimana kampanye ramah lingkungan mendapat atensi dari masyarakat.

“Kami memberi apresiasi semangat dari media. Semoga kerja sama ini bisa berbuah sinergitas yang positif terutama tentang kampanye-kampanye ramah lingkungan,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *