Bandara Dhoho Kediri Diresmikan, Pesawat Citilink Mendarat Perdana Angkut 175 Penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Citilink Indonesia menjadi maskapai penerbangan pertama yang beroperasi di Bandara Dhoho Kediri, setelah diresmikan, Jumat (5/4/2024).

Hal ini ditandai dengan penerbangan perdana atau inaugural flight pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG752 asal Bandara Soekarno-Hatta yang mendarat di Bandara Dhoho Kediri pukul 09.40 WIB dengan mengangkut 175 penumpang.

Dikutip dari jadwal penerbangan, Citilink akan mengoperasikan dua penerbangan dalam sepekan, yakni setiap Selasa dan Sabtu.

Bandara Dhoho Kediri dioperasikan AP1 sejak 29 Maret 2023 berdasarkan Kerja Sama Operasi (KSO) antara AP1 dengan PT Surya Dhoho Investama (PT SDHI).

Baca Juga:  Juanda Menjadi Bandara Terbaik se Asia Pasifik di Ajang ASQ Award 2023

Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney AIrports), Faik Fahmi yang hadir pada kesempatan ini menyambut baik penerbangan perdana ini.

“Hari ini menjadi momen bersejarah bagi Bandara Dhoho Kediri yang untuk pertama kalinya melayani penerbangan komersial berjadwal oleh Citilink Indonesia. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kediri, PT SDHI, dan tentunya Citilink Indonesia atas sinergi dan kerjasama yang telah terjalin dengan baik hingga hari ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Bandara Internasional Banyuwangi Mulai Februari 2024 Layani Penerbangan Umroh
Baca Juga:  Bandara Juanda Tambah Dua Jam Operasional untuk Tingkatkan Jumlah Penumpang

Ia sangat optimistis dengan beroperasinya penerbangan ini akan diikuti maskapai penerbangan lainnya, sehingga akan dapat memantik multiplier effect terhadap pengembangan perekonomian dan pariwisata di Kediri khususnya dan Jawa Timur pada umumnya.

“Sebagai operator bandara, AP1 memastikan kesiapan SDM, standar keamanan dan keselamatan penerbangan, serta fasilitas pendukung kegiatan operasi pesawat udara untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara,” tutup Faik.

Bandara Dhoho Kediri merupakan bandara modern yang dilengkapi infrastruktur penunjang seperti runway dengan dimensi 3.300 m x 45 m yang mampu melayani pesawat berbadan besar Boeing 777-300ER, terminal penumpang seluas 28.000 m2 berkapasitas 1,5 juta penumpang per tahun, apron komersial dengan kapasitas 12 pesawat narrow body dan 3 wide body, serta apron VIP dengan kapasitas 4 small aircraft.

Bandara Dhoho terletak di Kecamatan Grogol, Barat Laut Kota Kediri. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *