Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam 3-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Sementara, Irak Lolos, Indonesia Siap-siap Menyusul

SURYAKABAR.com – Peluang Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia semakin terbuka. Ini menyusul kemenangan Timnas Indonesia 3-0 atas Vietnam di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024).

Seiring kemenangan itu, posisi Indonesia kokoh di peringkat kedua klasemen sementara Grup F mengumpulkan tujuh poin, hasil dua kali menang, satu kali imbang dan satu kali kalah.

Puncak klasemen sementara diduduki Irak yang mengantongi 12 poin hasil sapu bersih kemenangan di empat laga. Irak sudah memastikan lolos ke putaran ketiga dan Indonesia siap-siap menyusul lolos.

Buntut kekalahan itu membuat peluang Vietnam lolos ke putaran ketiga makin menipis. Vietnam tetap berada di posisi ketiga mengumpulkan tiga poin. Sementara Filipina berada di dasar klasemen sementara dengan satu poin.

Kemenangan Indonesia atas Vietnam dibuka gol sundulan Jay Idzes menit 9 menyambut bola lambung dari tendangan penjuru yang dilepas Thom Haye.

Ini merupakan gol pertama pemain keturunan Jay Idzes bersama Timnas Indonesia. Jaya Idzes menjalani debut di Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di leg pertama, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga:  Timnas Indonesia Terbang ke Vietnam Bawa Kiper Ernando Ari

Ragnar Oratmangoen menjalani debut bersama Timnas Indonesia dengan penampilan yang mengesankan. Pemain keturunan ini langsung mencetak gol untuk membawa Indonesia unggul 2-0 menit 22.

Gol ini cukup indah. Menusuk di sisi kanan pertahanan Vietnam, Ragnar Oratmangoen berhasil melewati empat pemain Vietnam, sebelum melepas tendangan dengan kaki kiri dari sudut sempit. Bola melewati sela kaki kiper Vietnam Filip Nguyen dan gol. Keunggulan Indonesia 2-0 bertahan hingga berakhirnya babak pertama.

Di awal babak kedua, pelatih Shin Tae-yong memasukkan Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri menggantikan Asnawi Mangkualam dan Hokky Caraka.

Tertinggal 0-2 Vietnam lebih banyak melakukan tekanan ke pertahanan Indonesia. Namun, serangan Vietnam kandas di pertahanan Indonesia yang digalang Jay Idzes, Rizky Ridho, Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On serta penampilan taktis kiper Ernando Ari.

Mengandalkan counter attack, Indonesia sempat memiliki dua peluang dari Ragnar Oratmangoen menit 65 dan 79. Namun, gagal menambah gol.

Pelatih Shin Tae-yong kembali melakukan pergantian pemain menit 77 dengan memasukkan Ramadhan Sananta menggantikan Witan Sulaeman.

Di tambahan waktu babak kedua, pelatih asal Korea Selatan itu kembali melakukan rotasi pemain. Ricky Kambuaya masuk menit 90+3 menggantikan Ragnar Oratmangoen dan pemain Persib Bandung Edo Febriansyah menggantikan Nathan Tjoen-A-On menit 90+5.

Baca Juga:  Usai Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam, Ini Pesan Erick Thohir sebelum Timnas Indonesia Giliran Away ke Vietnam
Baca Juga:  Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam, Jaga Peluang Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ini Hasil Pertandingan, Jadwal dan Klasemen

Menjelang laga usai, Indonesia menambah gol menit 90+8 lewat Ramadhan Sananta. Gol ini berawal dari sepak pojok. Bola lambung di mulut gawang Vietnam disundul pemain Vietnam, bola meluncur ke luar daerah penalti dan langsung disambut tendangan keras Edo.

Bola membelah di kerumunan pemain yang berada di dalam kotak penalti dan diteruskan Ramadhan Sananta. Bola mengarah ke tiang dua disundul Egy Maulana Vikri.

Bola mengenai tiang gawang memantul ke arah mulut gawang. Dengan cepat Ramadhan Sananta menyambar bola dengan tendangan kaki kiri menjebol gawang Vietnam. Keunggulan Indonesia 3-0 bertahan hingga laga usai. (es)   

HASIL PERTANDINGAN
SELASA, 26 MARET 2024
Filipina 0-5 Irak
Vietnam 0-3 Indonesia

22 MARET 2024
Irak 1-0 Filipina

21 MARET 2024
Indonesia 1-0 Vietnam

21 NOVEMBER 2023
Vietnam 0-1 Irak
Filipina 1-1 Indonesia

16 NOVEMBER 2023
Irak 5-1 Indonesia
Filipina 0-2 Vietnam

JADWAL PERTANDINGAN
6 JUNI 2024
17.00 – Indonesia Vs Irak
17.00 – Vietnam Vs Filipina

11 JUNI 2024
17.00 – Indonesia Vs Filipina
17.00 – Irak Vs Vietnam

KLASEMEN SEMENTARA GRUP F

NONEGARAMAINMNGSERIKLHGOLPOIN
1.Irak 440012-112
2.Indonesia42116-67
3.Vietnam 41032-53
4.Filipina 40131-91

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *