Sambut Ramadhan, Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar Tarhib Ramadhan Spesial di Masjid Al Akbar Surabaya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam Tropodo (LPFDT) Sidoarjo menggelar Tarhib Ramadhan Spesial di Masjid Al Akbar Surabaya, Sabtu (9/3/2024).

Kegiatan ini dihadiri sekitar 2.000 wali murid Kelompok Belajar (KB), TK, SD, SD ICP, SMP, SMP ICP. Kajian spesial menyambut Ramadhan ini disampaikan Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya, Ustadz KH Ahmad Muzakky, S.TH.I, M.HI, Al Hafidz dengan tema, Sukses Mendampingi Buah Hati Berpuasa Ramadhan.

“Tadi yang hadir sekitar 2.000 wali murid dan ustadz serta ustadzah (guru). Biasanya parenting pengajian menyambut Ramadhan ini kami gelar di majid sekolah, tahun ini kami gelar di Masjid Al Akbar,” ujar Jumain, S.Pd.I., M.Pd.I, Kepala Sekolah SMP Al Falah Darussalam Tropodo kepada suryakabar.com, Sabtu (9/3/2024).

Baca Juga:  Ribuan Siswa Banyuwangi Ramaikan Pawai Tarhib Sambut Ramadhan dengan Bahagia

Kegiatan diawali sambutan Direktur LPFDT, Ali Efendi, S.Pd,M.M. Pada kesempatan itu Ali Efendi menyampaikan, dalam mendidik buah hati harus ada sinergi antara orang tua dengan sekolah. “Ketika di sekolah ada pembiasaan ibadah maka di rumah kebiasaan itu harus dilanjutkan,” tuturnya.

Sementara itu Ustadz KH Ahmad Muzakky selain menyampaikan hakekat perintah puasa Ramadhan juga kewajiban memberikan teladan pendampingan bagi anak-anak terutama yang masih di TK dan SD.

Baca Juga:  Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar Student Immersion ke Malaysia dan Singapura
Baca Juga:  Guru dan Murid Smamda Sidoarjo Borong 15 Medali Olympicad Ke-7 di Bandung

“Anak-anak ini masih awam, butuh santun, teladan dalam mendidik, tidak bisa dengan kekerasan, apalagi punishing berat. Kata-kata yang kita sampaikan juga harus bagus dan menghibur,” ujarnya.

Dikatakan Jumain, sebelum acara diakhiri, ada sesi tanya jawab dari wali murid. Di antara pertanyaan yang disampaikan yakni bagaimana peran bapak meski sibuk mencari nafkah.

“Ada juga pertanyaan dari ibu wali murid yang menanyakan, bagaimana partisipasi ayah dalam mendidik anak,” tandasnya. (es) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *