DLHK Sidoarjo Bersihkan Gunungan Sampah di Terminal Bungurasih

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo membersihkan gunungan sampah di Terminal Purabaya di Desa Bungurasih, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Sabtu (24/2/2024).

Pembersihan gunungan sampah ini maju dari jadwal semula, Rabu (28/2/2024). Kepala UPT TPA Griya Mulya DLHK Sidoarjo, Hajid Arif Hidayat mengatakan, langkah ini merupakan instruksi dari Kepala DLHK Sidoarjo, Bahrul Amig. “Beliau berharap agar masalah ini segera ditangani agar tidak mengganggu aktivitas warga,” tuturnya.

Untuk membereskan gunungan sampah ini, pihaknya mengerahkan satu ekskavator dan 50 armada truk sampah.

Baca Juga:  DLHK Kabupaten Sidoarjo akan Bereskan Gunungan Sampah di Terminal Bungurasih yang Viral

“Sore nanti sekitar jam lima sore, kami prediksi sampah telah bersih. Namun bila belum rampung kami lanjutkan besok. Untuk mengantisipasi agar tidak terulang, DLHK akan take over sementara pengelolaan sampah di TPS 3R Terminal Bungurasih ini,” jelasnya.

Ke depan, ia berharap ada kesepakatan terbaik antara pihak pengelola terminal dengan pihak desa. “Saat ini, masalah sampah telah menjadi tanggung jawab pengelola kawasan,” terangnya.

Baca Juga:  Festival Pecinan Banyuwangi Angkat Kuliner dan Kesenian Khas Tionghoa, Digelar 23-25 Februari 2024
Baca Juga:  Belajar Catur Sejak SD Siswa Smamda Sidoarjo Juara Turnamen Catur Internasional

Sebelumnya Hajid mengatakan, problem sampah di Terminal Bungurasih ini terjadi sejak tiga bulan lalu seiring transisi pengelolaan terminal dan transisi di TPS 3R di kompleks Terminal Bungurasih.

“Pengelola tidak hanya menangani sampah dari area terminal Bungurasih saja, namun juga dari sekitar tiga ribu kepala keluarga warga di Desa Bungurasih. Mungkin ada ketidaksamaan pemikiran antara pengelola terminal dengan pihak desa, baik teknis, manajemen hingga pembiayaan,” tutupnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *