BPBD Sidoarjo Evakuasi Ular Sanca di Rumah Warga di Taman, Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo mengevakuasi ular sanca dari rumah warga di Tawangsari, Taman, Sidoarjo. Warga khawatir atas kemunculan ular itu.

“Betul, evakuasi dilakukan jam 2 dini hari tadi. Ular jenis sanca, panjang kurang lebih 50 cm,” kata Ketua Pelaksana BPBD Posko Damkar Krian, Fajar Gozali dikutip laman Pemkab Sidoarjo, Jumat (23/2/2024).

Fajar mengatakan, ular tersebut dievakuasi petugas dari selokan yang berada di samping rumah warga. Ular muncul persis di sebelah tiang jemuran baju ditambah juga anjing milik warga yang menggonggong.

“Penyebab laporan, karena keberadaan ular meresahkan dan khawatir membahayakan keselamatan warga dan hewan peliharaan lain,” imbuh Fajar.

Baca Juga:  Hari Kedua Banjir di Kawasan Bungurasih Makin Meluas, Warga Tangkap Ular Sanca Panjang Sekitar 4 Meter
Baca Juga:  DLHK Kabupaten Sidoarjo akan Bereskan Gunungan Sampah di Terminal Bungurasih yang Viral
Baca Juga:  Bupati Sidoarjo Instruksikan Kerja Bakti Massal Bersihkan Gorong-gorong Saluran Air

Fajar menyebut ular dievakuasi menggunakan alat-alat khusus oleh tim reaksi cepat BPBD Posko Damkar Krian. Ular tersebut untuk sementara dibawa ke markas BPBD Bogor.

“Ular kemudian kita bawa ke mako, selanjutnya kita akan koordinasi dengan pihak terkait seperti pecinta hewan reptil atau lembaga lainnya untuk penanganan lanjutan,” jelas Fajar.

Sementara itu, Retno, petugas Call Center 112 membenarkan laporan tersebut. Laporan berasal dari warga Taman, melalui panggilan 112 bebas pulsa. “Evakuasi hewan yang sering dilaporkan adalah tawon dan ular,“ jelas Retno.

Untuk penanganan kejadian gawat darurat agar cepat ditangani, segera laporkan dengan telepon ke 112. Layanan call center 112 Sidoarjo gratis untuk Sidoarjo gemilang. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *