Peringati Hari Peduli Sampah Nasional Murid SD Pembangunan Jaya Bikin Kreasi Daur Ulang

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Murid-murid SD Pembangunan Jaya, Gedangan, Sidoarjo memamerkan kreasi kerajinan berbahan dasar sampah rumah tangga atau daur ulang. Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), setiap 21 Februari.

Dengan kegiatan ini, para murid ditanamkan peduli lingkungan sejak dini. Pihak sekolah juga prihatin atas menumpuknya sampah di banyak sungai di Kota Delta yang berakibat banjir.

Baca Juga:  Banyuwangi Mulai Implementasikan Masterplan Pengelolaan Sampah Terintegrasi ke Penjuru Desa

Kreasi yang mereka buat di antaranya sabun cuci pakaian dari eco enzim sampah sayur dan buah, lilin aroma terapi dari minyak jelantah, aneka hiasan dari botol bekas dan plastik serta briket dari bonggol jagung.

Shabrina, siswi kelas 5 mengatakan, awalnya kesulitan membuat kerajinan daur ulang ini. “Dibimbing guru akhirnya saya bisa membuat briket dari bonggol jagung,” ucapnya senang, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga:  SD Sekolah Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo Dorong Prestasi Siswa melalui Program Sekolah dan Program Beasiswa
Baca Juga:  Tim Dosen PCU Rancang Mesin Ayak Rajangan Sampah Berkapasitas 50 Kg per Jam

Menurutnya, ketrampilan membuat kerajinan ini semoga bisa mengurangi sampah. “Kadang di rumah ada bonggol jagung, kini bisa dijadikan briket. Bara api bisa tahan sepuluh menit,” terangnya.

Guru yang juga koordinator pameran, Muji Astuti menuturkan, kreasi ini berawal dari banyaknya limbah rumah tangga yang tidak digunakan.

“Ini wujud bagaimana kita mengolah barang yang tepat guna dari barang yang tidak berguna. Jadi anak-anak nantinya lebih peduli lingkungan,” jelasnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *