PLN Nusantara Power Pasok 2.068 Megawatt untuk Kebutuhan Pemilu 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PLN Nusantara Power (PLN NP) menyediakan 2.068 Megawatt dari Unit Pembangkit (UP) energi baru terbarukan (EBT) dalam rangka kebutuhan pesta demokrasi Pemilu 2024.

Pasokan ini berasal dari 41 pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di seluruh Indonesia ditambah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Terapung Cirata. Siaga Pemilu PLN NP ini dilaksanakan mulai 12 hingga 20 Februari 2024.

Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah, mengatakan PLN NP terus berkomitmen dalam penyediaan energi listrik bagi Indonesia. Menurut Ruly, dalam 15.745 Megawatt di dalamnya terdapat pasokan dari pembangkit yang ramah lingkungan.

Baca Juga:  Pertamina Dampingi Ribuan UMKM Binaan Raih Sertifikasi Halal pada 2023
PLTS Terapung Cirata 192 MWp yang merupakan PLTS terapung terbesar ketiga di dunia, turut memasok energi listrik pada Pemilu 2024.

“Saat ini, kami sedang menyediakan 2.068 Megawatt energi listrik yang berasal dari PLTA di seluruh Indonesia dan ditambah dari PLTS Terapung Cirata. Ke depannya, akan lebih banyak lagi pembangkit renewable dari kami yang akan memproduksi energi listrik untuk masyarakat,” ujar Ruly.

Ruly menjelaskan, PLN NP telah menyiapkan 199 Posko Siaga yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk mengawal pasokan listrik dalam rangka Pemilu 2024.

Baca Juga:  2.923 Personel PLN NP Jaga dan Amankan 199 Posko Siaga Energi Listrik Pemilu 2024
Baca Juga:  Jumlah Pengguna LRT Jabodebek Meningkat 14% sejak Penambahan Waktu Operasi

Selain itu, juga mempersiapkan 2.923 personel yang bertugas untuk memantau kondisi unit pembangkit secara real time serta memastikan produksi listrik terpenuhi.

“Terbaru, PLTS Terapung Cirata 192 MWp telah beroperasi dan berkontribusi melistriki gelaran Pemilu ini. Saat ini, PLN NP juga tengah menyiapkan PLTS Terapung di Batam untuk menambah energi bersih yang kami produksi,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Ruly, seluruh personel siaga juga telah melaksanakan apel siaga, sehingga antarbidang saling berkoordinasi dan memitigasi perbaikan di unit pembangkit.

“Selain kesiapan personel, PLN NP telah menyiapkan 293 peralatan pendukung, 389 peralatan kendaraan pendukung, serta Fire Protection System yang dalam kondisi siap,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *