Piala Asia 2023
Korea Selatan Singkirkan Australia di Perempat Final Piala Asia 2023, Pemain Tottenham Hotspur Cetak Gol Kemenangan Korea Selatan

SURYAKABAR.com – Pemain Tottenham Hotspur Son Heung-min berperan besar membawa Korea Selatan lolos ke semifinal Piala Asia 2023. Ini setelah di laga perempat final Korea Selatan memetik kemenangan 2-1 (1-1) atas Australia lewat perpanjangan waktu di Al Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Jumat (2/2/2024) malam WIB.

Son Heung-min mencetak gol kemenangan Korea Selatan menit 104 dari tendangan bebas beberapa sentimeter di luar kotak penalti.

Tim asuhan Jurgen Klinsmann itu tertinggal lebih dulu menit 42 dari gol yang dicetak Craig Alexander Goodwin. Upaya Korea Selatan menyamakan kedudukan baru terwujud menit 90+6 dari tujuh menit tambahan waktu.

Ini setelah Korea Selatan mendapat penalti, menyusul Son Heung-min dijatuhkan Lewis Miller di dalam kotak penalti.

Baca Juga:  Jordania Lolos ke Semifinal Piala Asia 2023 Kalahkan Tim Kejutan Tajikistan, di Semifinal Menunggu Pemenang Australia Lawan Korea Selatan
Baca Juga:  Ini Jadwal Perempat Final Piala Asia 2023 dan Hasil Lengkap 16 Besar, Iran Ketemu Jepang
Baca Juga:  Jadwal Pertandingan Pekan Terakhir 12 Besar Liga 2 2023/2024, Ini Klasemennya, Deltras Minimal Seri Lolos Semifinal

Hwang Hee-chan yang dipercaya menjadi algojo penalti tidak membuang peluang. Tendangan keras pemain Liga Inggris, Wolverhampton itu menjebol gawang Australia.

Gara-gara skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu pertandingan normal berakhir, maka laga akhirnya dilakukan perpanjangan waktu.

Pada perpanjangan waktu dominasi permainan dikendalikan Korea Selatan. Stamina pemain Australia mulai menurun, setelah digempur habis-habisan di babak kedua waktu pertandingan normal.

Australia lebih banyak bertahan dan mengandalkan counter attack. Petaka bagi Australia datang. Mereka harus bermain dengan 10 pemain sejak babak pertama perpanjangan waktu akan berakhir atau menit 105+4. Ini setelah Alden O’Neill diganjar kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran keras kepada Hwang Hee-chan.

Unggul jumlah pemain Korea Selatan lebih mudah mengatur tempo pertandingan. Bahkan beberapa kali serangan Korea Selatan yang lebih banyak dilakukan lewat sisi kiri menciptakan peluang, namun hingga laga usai tidak ada lagi gol tercipta.

Pada laga semifinal, Selasa (6/2/2024) Korea Selatan sudah ditunggu Jordania yang lebih dulu lolos, setelah mengalahkan Tajikistan, 1-0.

Korea Selatan tercatat sudah 15 kali tampil di Piala Asia dengan raihan dua kali juara pada 1956 dan 1960. Sudah 64 tahun Korea Selatan menunggu untuk kembali merebut juara. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *