PCU Buka Petra Business School dan Mulai Beroperasi Penuh Agustus 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Petra Christian University (PCU) Surabaya membuka sekolah bisnis bernama Petra Business School (PBS) yang segera beroperasi pada Agustus 2024.

Sekolah yang menjadi program unggulan PCU tersebut akan berlokasi di Fairway Nine Mall atau sebelumnya bernama Lenmarc Mall Surabaya.

Rektor PCU Surabaya, Prof Djwantoro Hardjito, mengatakan Surabaya Barat adalah masa depan metropolis. Sehingga, keberadaan PBS akan sangat tepat, karena dapat memfasilitasi mahasiswa di tengah ekosistem bisnis Kota Surabaya yang terus berkembang.

“Era perdagangan pasar bebas ini jadi sebuah tantangan bagi pendidikan Indonesia. Tapi, menurut saya, itu justru bisa jadi peluang bagi kampus, untuk mengambil peran sebagai motor atau penggerak dalam memberikan akses pendidikan berkualitas yang seluas-luasnya kepada masyarakat,” ujar Prof Djwantoro di kampus PCU Surabaya, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga:  PCU Borong 8 Juara di Kejuaraan Nasional Kreativitas Mahasiswa 2023 APTISI VII Jatim

Menurut Prof Djwantoro, salah satu tantangan yang terjadi adalah semakin banyaknya generasi muda siswa memilih berkuliah di luar negeri, karena dianggap bisa membuat mereka memiliki pola pikir yang global.

“Maka dari itu, kami menginisiasi PBS ini sebagai jawaban di tengah tantangan tersebut. Tidak hanya untuk anak muda kita, tetapi juga untuk menarik mahasiswa asing belajar di Surabaya,” ungkapnya.

Prof Djwantoro menjelaskan, persiapan kuliah di luar negeri juga sangat penting. Ada banyak hal yang mungkin akan dihadapi, seperti culture shock, ancaman pergaulan bebas, kesiapan bahasa, pengetahuan, dan tentunya juga kematangan serta kepercayaan diri. Sehingga, PBS memberikan bekal kepada mereka agar nantinya bisa beradaptasi dengan lebih mudah, seperti memberi pelatihan soft skill atau keahlian tertentu yang dibutuhkan di negara asing tersebut.

“Sesuai visi PCU sebagai institusi pendidikan Kristen yang peduli dan global, maka kami bertanggung jawab membina para mahasiswa agar dapat transfer secara mulus ke universitas terkemuka di dunia dengan karakter LIGHT (Love, Integrity, Growth, Humility, Truth),” jelasnya.

Baca Juga:  Mahasiswa Ubaya Kampanye Pencegahan Stunting Lewat Makanan Bergizi

Dalam kesempatan yang sama, Dekan School of Business and Management (SBM) PCU Surabaya, Josua Tarigan, mengatakan, akan ada sejumlah program yang dapat dipelajari dengan konsep pendidikan global sesuai kebutuhan pasar. Di antaranya, International Pathway Program, Master’s Program in Management, dan Doctoral Program in Leadership and Management.

“Teman-teman yang telah menyelesaikan masa studi di SMA yang kemudian memilih berkuliah di lingkungan dan berstandar internasional, secara khusus dapat mengambil International Pathway program yang terdiri dari International Business Management (IBM), International Business Accounting (IBAcc), International Digital Accounting and Fraud (IDAF) serta Global Entrepreneurship and Innovation (GEiN),” terangnya.

Baca Juga:  ITS Luncurkan Motor Listrik EVITS, Ini Harganya

Dalam program International Pathway, lanjut Josua, mahasiswa akan belajar di Indonesia selama dua tahun pertama. Selama itulah mereka akan dipersiapkan secara matang, sebelum dua tahun berikutnya melakukan studi di negara pilihannya masing-masing.

“Jadi PBS adalah alternatif yang sangat baik untuk rekan-rekan muda, meningkatkan skill dan kapasitas global, tetapi tetap memahami konteks lokal dan regional, yang nantinya sangat diperlukan dalam karirnya,” katanya.

Menurut Josua, dalam PBS, mahasiswa bisa memilih beberapa kampus di Asia, Australia, Kanada, Amerika hingga United Kingdom. Sehingga, kurikulum di PBS pun akan didesain secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang studi yang diinginkan.

“Dengan begitu, selain meraih gelar, mahasiswa yang memilih PBS juga akan menjadikan individu yang siap beradaptasi dengan kualitas tinggi di tingkat global yang sangat dinamis. Selain itu, PBS juga disiapkan untuk memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa asing yang akan belajar di Indonesia,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *