Mahasiswa Ubaya Kampanye Pencegahan Stunting Lewat Makanan Bergizi

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya) mengkampanyekan pencegahan stunting melalui makanan bergizi untuk anak usia dini. Mahasiswa membagikan food art di Taman Penitipan Anak (TPA) Rumah Ceria Fakultas Psikologi Ubaya.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK Ubaya, Sultan Takdir Alisyabana, mengatakan konsep food art dipilih agar menarik perhatian dan meningkatkan nafsu makan anak. Food art ini terdiri dari beragam makanan dengan gizi seimbang.

“Komposisinya adalah 35 persen karbohidrat, 35 persen sayuran, 15 persen protein hewani atau nabati, serta 15 persen buah-buahan,” ujar Sultan ditemui usai membagikan food art di TPA Rumah Ceria Fakultas Psikologi Ubaya, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga:  Ubaya West Campus Siap Buka 9 Maret 2024 dan Sediakan Program Internasional

Sultan menjelaskan, karbohidrat yang dipilih adalah nasi dan roti yang biasa dikonsumsi. Sedangkan, untuk lauk pauk terdiri dari protein hewani seperti daging sapi dan telur.

“Semua bahan makanan itu dihias dengan sayur-sayuran dan buah-buahan yang biasa dikonsumsi anak-anak. Selain itu, pada makanan tersebut juga ditambahkan susu untuk melengkapi nutrisi,” jelasnya.

Baca Juga:  ITS Luncurkan Motor Listrik EVITS, Ini Harganya
Baca Juga:  Kisah Inspiratif, Duwik dan Elo Wisudawan Disabilitas Universitas Brawijaya Raih Prestasi Membanggakan

Di kesempatan itu, food art dibagikan kepada 35 anak Sanggar Kreativitas dan Tempat Penitipan Anak Rumah Ceria di bawah naungan Pusat Konsultasi Layanan Psikologi Fakultas Psikologi Ubaya.

Selain itu, dosen FK Ubaya sekaligus dokter spesialis anak, dr Agus Cahyono SpA, juga memberikan edukasi pencegahan stunting kepada orang tua murid.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan seputar pencegahan stunting. Selain itu, juga meningkatkan kreativitas untuk mengatasi nafsu makan anak, sekaligus sebagai upaya pencegahan primer terhadap kejadian stunting di Indonesia,” pungkas dr Agus. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *