ITS Luncurkan Motor Listrik EVITS, Ini Harganya

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya resmi meluncurkan sepeda motor listrik bernama Electric Vehicle ITS (EVITS). Motor listrik ini dapat menempuh jarak hingga 110 kilometer dengan kecepatan maksimal 55 kilometer per jam.

Pada tahap awal, motor listrik dengan tipe pertama EVITS TS-1 ini telah diproduksi sebanyak 1.000 unit dan 250 di antaranya sudah laku terjual.

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, mengatakan EVITS TS-1 yang diharapkan siap bersaing di pasar otomotif nasional ini merupakan produk motor listrik yang didesain ergonomis dengan kemampuan akselerasi yang baik. EVITS ini adalah hasil kolaborasi ITS melalui PT ITS Tekno Sains dengan PT Panggung Electric Citrabuana.

Prof Ashari menjelaskan, motor Listrik EVITS TS-1 ini dapat menempuh jarak hingga 110 kilometer dengan kecepatan maksimal 55 kilometer per jam.

Baca Juga:  Dukung Pengembangan Motor Listrik, Profesor ITS Dorong Integrasi Teknologi Al

“Motor ini dilengkapi dua baterai lithium berkapasitas 60 Volt 26 Ah. Untuk menempuh jarak 55 kilometer, akselerasinya membutuhkan tujuh hingga delapan detik,” ujar Prof Ashari, Senin (22/1/2024).

Menurut Prof Ashari, EVITS TS-1 memiliki tampilan yang lebih gagah dan sporty. Dengan desain body yang lebih menarik, EVITS ini memiliki kualitas material yang lebih kokoh.

“Selain itu, motor ini juga menggunakan ban langsung tanpa belt yang tidak menimbulkan suara bising yang mengganggu saat digunakan,” jelasnya.

Baca Juga:  Motor Listrik Mulai Digemari Kaum Millenial
Baca Juga:  Lumajang Miliki Pabrik Perakitan Motor Listrik

Direktur PT ITS Tekno Sains, Dr Ir I Ketut Gunarta MT, mengatakan sebagai kelanjutan inovasi dari GESITS yang merupakan motor listrik generasi pertama ITS, EVITS telah berkembang dari berbagai lini. Sistem integrasi yang menjadi otak dari EVITS TS-1 juga lebih canggih. Integrasi dari controller ke motor serta sistem manajemen baterainya jauh lebih baik.

Gunarta menjelaskan, pihaknya berkomitmen menggunakan elemen lokal dalam produksinya. Total Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk ini diperhitungkan mencapai sekitar 60 persen. Dengan capaian ini, ITS telah berupaya maksimal mendukung perkembangan teknologi dan inovasi dalam negeri.

“Pada tahap awal ini, EVITS TS-1 telah diproduksi sebanyak 1.000 unit, 250 di antaranya sudah terjual. Harga jual di pasaran mulai Rp29,9 juta per unit,” ungkapnya.

Motor listrik EVITS akan terus dikembangkan dengan berbagai fitur yang disempurnakan. Ke depan, produk ini akan dikembangkan menjadi motor tiga roda, roda empat, hingga minibus. Diharapkan kehadiran EVITS ini dapat diterima masyarakat luas, dan tentunya bisa menjadi produk unggulan yang dampaknya dapat dirasakan semua kalangan. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *