Tim USAID Kunjungi RSI Siti Hajar Sidoarjo Beri Pendampingan Peningkatan Layanan Kesehatan Masyarakat

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Beberapa anggota United States Agency for International Development (USAID) atau Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat mengunjungi Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo terkait Momentum Private Healtchare Delivery (MPHD), Senin (22/1/2024).

Direktur RSI Siti Hajar Sidoarjo dr Zulfikar As’ad menuturkan, kunjungan tim USAID kali ini merupakan rangkaian kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“RSI Siti Hajar menjadi contoh kerja sama peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak. Kita ditunjuk PBNU sebagai salah satu rumah sakit untuk mendampingi atau menjadi mentor bagi rumah sakit lainnya di Sidoarjo,” terangnya.

Baca Juga:  RSI Siti Hajar Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Tiga Ponpes Sidoarjo di Hari Santri Nasional 2023

Ketua Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LK PBNU) ini menambahkan, kerja sama antara PBNU dengan USAID ini berlangsung sejak 2021 lalu.

Ia berharap, adanya pendampingan program dari USAID serta sinergi dengan Dinkes Sidoarjo bisa meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga:  Groundbreaking Rumah Sakit Mitra Keluarga Sidoarjo, Gus Muhdlor Berharap Minimal Serap 60 Persen Tenaga Kerja Asli Warga Sidoarjo
Baca Juga:  Pertamina akan Bangun Rumah Sakit, Penginapan dan Kampus di IKN

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo, dr Fenny Apridawati mengatakan, kunjungan tim USAID di RSI Siti Hajar merupakan bentuk pendampingan program USAID Momentum sebagai upaya untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

“RSI Siti Hajar ini milik Nahdlatul Ulama (NU) dan rata-rata sebagian besar masyarakat Sidoarjo itu adalah Nahdliyin, sehingga wajib bagi pemerintah untuk menjadikan RSI Siti Hajar sebagai rumah sakit rujukan warga NU yang sakit dan membutuhkan perawatan,” tutupnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *