Piala Asia 2023
Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam, Peluang Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023 Terjaga, Ini Update Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Sementara

SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia menjaga peluang lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023. Ini setelah di matchday kedua Grup D, Indonesia menang 1-0 atas Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB. 

Raihan tiga poin ini membawa Skuad Garuda naik ke posisi ketiga klasemen sementara mengumpulkan tiga poin menempel ketat Jepang yang berada di posisi kedua juga dengan raihan tiga poin.

Jepang menempati posisi kedua, karena unggul selisih gol atas Indonesia. Selisih gol Jepang 5-4 atau plus 1, sedang Indonesia 2-3 atau minus 1.

Juara Grup D sudah dikunci Irak dengan raihan enam poin, setelah di matchday kedua menundukkan Jepang 2-1. Jika nantinya di matchday terakhir, Irak kalah lawan Vietnam, sehingga poinnya tetap enam, sementara salah satu Indonesia atau Jepang juga memiliki enam poin, juara Grup D tetap milik Irak. Ini karena Irak unggul head to head melawan Indonesia maupun Jepang.

Pada laga pamungkas penyisihan grup, Rabu (24/1/2024) Indonesia menghadapi Jepang dan Irak ketemu Vietnam.

Baca Juga:  Australia Tim Kedua Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Kalahkan Syria 1-0

Laga Indonesia melawan Vietnam berlangsung ketat sejak awal pertandingan. Indonesia langsung mengambil inisiatif menyerang.

Tekanan Indonesia ini memaksa Vietnam harus bertahan hingga sekitar 20 menit awal. Setelah itu Vietnam baru bisa keluar dari tekanan.

Pemain belakang Sandy Walsh memiliki peluang menit 37. Namun sundulan Walsh berhasil diamankan kiper Filip Nguyen.

Serangan Indonesia lewat striker Rafael Struick memaksa pemain belakang Vietnam Thanh Binh Nguyen melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Thanh Binh Nguyen menarik jersey Struick.

Tak ayal wasit Sadullo Gulmurodi dari Tajikistan menunjuk titik penalti. Hukuman penalti ini sempat diprotes kubu Vietnam. Setelah dilihat dalam VAR, wasit tetap pada keputusannya mengganjar Vietnam dengan hukuman penalti.

Dalam tayangan ulang pun, terlihat jelas Thanh Binh Nguyen menarik kaos hingga menyebabkan Struick terjatuh.

Kapten tim Asnawi Mangkualam yang dipercaya menjadi algojo tendangan penalti menit 42 menjalankan tugas dengan sempurna.

Tendangan Asnawi mengecoh kiper Filip. Bola mengarah ke sisi kanan, sementara Filip bergerak ke kiri. Keunggulan Indonesia 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga:  Malaysia Jadi Lumbung Gol Jordania, Ini Klasemen, Hasil dan Jadwal Pertandingan Grup E Piala Asia 2023

Di awal babak kedua, Vietnam berbalik menguasai pertandingan. Vietnam lebih banyak memainkan umpan-umpan lambung.

Vietnam memiliki peluang menit 53. Umpan silang yang dilepas Minh Trong Vo ke mulut gawang Indonesia disambut Nguyen Tuan Anh dengan membelokkan arah bola sambil menjatuhkan badan.

Namun, bola yang mengenai kaki Nguyen Tuan Anh melambung ke atas mistar gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari.

Pemain belakang Indonesia Jordi Amat harus keluar lapangan menit 66, setelah hidungnya berdarah gara-gara kena sikut Van Tung Nguyen dalam duel udara.

Baca Juga:  Deltras Balas Kalahkan Persela Lamongan dalam Derby Jatim di Liga 2, Ini Hasil Pertandingan dan Update Klasemen, Deltras Puncaki Klasemen

Pada laga ini pelatih Indonesia Shin Tae-yong melakukan empat kali pergantian pemain. Diawali menarik kapten tim Asnawi Mangkualam menit 56 digantikan Witan Sulaeman.

Setelah itu Adam Alis masuk menit 67 menggantikan Egy Maulana Vikri disusul striker muda Hokky Caraka masuk menit 68 menggantikan Rafael Struick. Rizky Ridho menjadi pemain terakhir yang masuk lapangan menggantikan Jordi Amat menit 70.

Baru beberapa menit di dalam lapangan, Hokky Caraka mendapat peluang, menyusul umpan terobosan dari Marselino Ferdinan.

Bola didribel Hokky hingga masuk kotak penalti, namun saat akan ditendang lebih dulu dicocor pemain Vietnam dan melahirkan tendangan penjuru.

Vietnam harus bermain dengan 10 pemain saat laga memasuki menit pertama dari 10 menit tambahan waktu di babak kedua.

Thanh Long Le Pham diganjar kartu kuning kedua atau kartu merah tidak langsung, setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Marselino.

Meski bermain dengan 10 pemain, di sisa waktu pertandingan Vietnam lebih banyak menguasai permainan. Rapatnya pertahanan Indonesia membuat Vietnam gagal menyamakan kedudukan. (es)  

HASIL DAN JADWAL PERTANDINGAN
MINGGU, 14 JANUARI 2024
Jepang 4-2 Vietnam

SENIN, 15 JANUARI 2024
Indonesia 1-3 Irak

JUMAT, 19 JANUARI 2024
Irak 2-1 Jepang
Vietnam 0-1 Indonesia

RABU, 24 JANUARI 2024
18.30 WIB – Jepang Vs Indonesia
18.30 WIB – Irak Vs Vietnam

KLASEMEN SEMENTARA

NONEGARAMAINMNGSERIKLHGOLPOIN
1.Irak22005-26
2.Jepang 21015-43
3.Indonesia 21012-33
4.Vietnam 20022-50

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *