Hasil Bigmatch Liga Futsal Profesional, BTS Kalahkan Blacksteel, BTS Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan

PALU, SURYAKABAR.com – Bintang Timur Surabaya (BTS) memperpanjang rekor tak terkalahkan musim ini, setelah di hari pertama pekan kedelapan Liga Futsal Profesional Indonesia 2023/2024 BTS menang 4-2 atas Blacksteel dalam bigmatch di Gelora Bumi Kaktus (GBK) Palu Sulawesi Tengah, Sabtu (20/1/2024).

BTS sudah main 10 kali, hasilnya delapan kali menang dan dua kali seri. Sang juara bertahan ini memiliki sisa satu laga di putaran pertama menghadapi Fafage Banua, Minggu (21/1/2024).

Raihan tiga poin ini tetap menempatkan BTS di posisi kedua klasemen sementara mengumpulkan 26 poin. Puncak klasemen sementara ditempati Kancil WHW Pontianak juga dengan koleksi 26 poin.

Kancil WHW berhak menempati puncak klasemen sementara, karena memiliki selisih unggul yang lebih bagus dibanding BTS. Selisih gol Kancil WHW 54-25 atau plus 29, sedang selisih gol BTS 42-19 atau plus 23. Hanya saja, Kancil WHW sudah merampungkan 11 laga di putaran pertama.

Sebaliknya kekalahan ini membuat Blacksteel dalam tiga laga terakhir gagal meraih kemenangan. Pekan lalu, Blacksteel hanya meraih satu poin dari dua laga di GOR Pangsuma Pontianak. Imbang 1-1 melawan Cosmo JNE dan kalah 6-7 dari Kancil WHW.

Baca Juga:  Fafage Banua Kalahkan Halus FC di Liga Futsal Profesional, Kemenangan jadi Modal Fafage Hadapi Bintang Timur Surabaya

Mengawali pertandingan BTS menurunkan komposisi pemain Marcus Gava, Diego Henrique, M Iqbal, Ryan Dwi Reynaldi dengan kiper Mohamad Nazil. Biasanya paketan tim ini ada Firman Adriansyah, pada laga ini posisinya diisi Ryan Dwi.

Sementara Blacksteel di awal laga menurunkan Ardiansyah Nur, Francisco Matheus, Wendy Brian, Evan Soumilena dan kiper muda Rodrigo Matheus.

Blacksteel membuka peluang menit tiga. Serangan balik cepat tendangan Francisco Matheus bola diblok kiper Nazil. Beberapa detik berselang BTS membalas dari tendangan keras Singgih Romana Jati.

Bola tendangan pemain asal Sidoarjo ini juga diblok kiper Blacksteel Rodrigo Matheus. Bahkan, Singgih yang baru beberapa detik masuk lapangan, harus ditarik keluar lapangan, karena cedera, setelah melepas tendangan tersebut.

Baca Juga:  Jadwal Pertandingan Pekan Terakhir Putaran Pertama Liga Futsal Profesional 2023/2024, BTS Hadapi Dua Tim Tangguh, Blacksteel dan Fafage, Ini Klasemennya

Blacksteel membuka keunggulan, menyusul lahirnya gol yang dicetak Muhammad Najib menit 5 dari tendangan kaki kiri dari sisi kiri pertahanan BTS.

Berselang lima menit Najib menggandakan keunggulan Blacksteel. Gol ini lahir dari umpan silang yang dilepas Adityas Priambudi membelah di antara pemain BTS dan diselesaikan Najib yang berada di tiang dua dengan sekali sentuhan kaki kiri.

Di sisa babak pertama BTS lebih banyak menekan pertahanan Blacksteel. Namun, gelombang gempuran BTS menemui tembok kokoh pertahanan Blacksteel. Hingga babak pertama berakhir, kedudukan 2-0 untuk keunggulan Blacksteel.

Di babak kedua BTS langsung tancap gas. Babak kedua baru berjalan beberap detik, BTS memiliki peluang bola tendangan keras Diego diblok kiper Rodrigo.

Baca Juga:  Unggul FC Malang Tempuh Perjalanan 10 Jam ke Palu, Tutup Putaran Pertama Liga Futsal Profesional Hadapi Moncongbulo dan Blacksteel

Marcus Gava akhirnya memecah kebuntuan gol BTS menit 22. Tendangan keras kaki kiri Gava di dekat circle berbuah gol menipiskan ketinggalan menjadi 1-2.

Tekanan BTS membuat Blacksteel kesulitan mengembangkan permainan. Gava berhasil menyamakan kedudukan 2-2 menit 26 menyambut umpan matang dari pemain muda asal Sidoarjo, Fadlan Husein.

Beberapa detik berselang, Blacksteel mencetak gol dari tendangan kaki kiri Wendy Brian. Namun gol ini tidak disahkan wasit. Itu setelah wasit melihat tayangan dari televisi support menilai ada pelanggaran sebelum gol terjadi. Skor tetap 2-2.

BTS memastikan kemenangan 4-2, menyusul lahirnya dua gol beruntun dari Samuel Eko menit 35 dan disusul beberapa detik berselang dari tendangan chips Ardiansyah Runtuboy.

Di sisa waktu pertandingan Blacksteel memainkan powerplay dengan menempatkan Wendy Brian sebagai kiper terbang. Namun upaya mengejar ketinggalan gagal terwujud dan skor bertahan 4-2 untuk kemenangan BTS. (es) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *