Mahasiswa ITS Bikin Bisnis Furniture dan Home Decor Bahan Limbah Marmer

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tim Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuat bisnis furniture dan home decor berbahan limbah marmer. Mereka menamakan inovasi itu dengan MarmorStuff.

Inovasi bisnis ramah lingkungan ini sebagai upaya mereka mengurangi pencemaran akibat limbah marmer dan mendukung program SDGs nomor 12, yakni konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Ketua tim MarmorStuff, Salsabila Dhita Nurani, mengatakan ide bisnis itu tercipta usai dirinya melihat tumpukan limbah potong marmer dari perajin di daerah asalnya, Tulungagung, Jawa Timur.

“Limbah marmer tadi memiliki corak dan warna yang cantik, sayang bila tidak dimanfaatkan dan dibiarkan mengotori lingkungan begitu saja,” ujar Dhita melalui keterangannya di Surabaya, Senin (15/1/2024).

Baca Juga:  Tim Mahasiswa ITS Ciptakan Inovasi Biosensor Deteksi Gangguan Neurologis

Dari situlah, kemudian Dhita dan timnya mendayagunakan limbah marmer menjadi produk furniture dan home decor ramah lingkungan. Dalam pengembangannya, mereka menggandeng para perajin marmer lokal di Tulungagung.

MarmorStuff menerapkan teknik upcycle dalam proses produksinya. Yakni, teknik daur ulang limbah tanpa mengubah bentuk aslinya. “Dengan upcycle, kami tidak memerlukan alat khusus dengan biaya tinggi,” jelasnya.

Baca Juga:  SMAN 4 Sidoarjo Gandeng Edulab untuk Pemetaan Bakat Siswa
Baca Juga:  Mahasiswa Universitas Ma Chung Kembangkan Teknologi Machine Learning untuk Bahasa Isyarat

Di tengah persaingan pasar, tim ini juga tidak kalah unjuk keunggulan produknya melalui pameran nasional dan internasional.

Tim berhasil menjual produk pada DECORINTEX 2023 dan IFFINA 2023. Tidak hanya itu, inovasi ini juga sukses meraih medali perak di ajang PIMNAS ke-36 2023 lalu. Khususnya pada PKM-K kategori presentasi yang diselenggarakan di Universitas Padjadjaran akhir November 2023.

“Harapannya, usaha ini dapat membantu para perajin marmer dan mengurangi pencemaran akibat limbah sisa marmer di Tulungagung,” terang mahasiswi Departemen Desain Produk Industri (Despro) ITS tersebut.

Dalam proyek ini, Dhita ditemani anggota tim MarmorStuff lainnya, yakni Zaky Ahmad Mubaarok, Arvia Khosyi Pratista, Aisyah Nabila Zein, dan Muhammad Muzakky. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *