Piala Asia 2023
Ini Klasemen Sementara Grup D Piala Asia 2023, setelah Pertandingan Indonesia Lawan Irak

SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia memberikan perlawanan sengit kepada Irak pada matchday pertama Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan yang digelar di Stadion Ahmed bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB, akhirnya dimenangkan Irak 3-1.

Pertandingan baru berjalan lima menit, tendangan Marselino Ferdinan memanfaatkan kemelut di mulut gawang Irak usai terjadi tendangan penjuru nyaris membuahkan gol. Bola lambung yang dilepas Marselino mengenai mistar gawang dan bola out.

Irak juga berpeluang mencetak gol menit 13. Berawal dari tendangan penjuru, bola mengarah ke mulut gawang. Dalam kerumunan pemain yang berebut bola, bola mengenai kepala Jordi Amat membuat bola melayang ke arah gawang Indonesia dan mengenai tiang gawang. Bola kembali ke lapangan permainan.

Irak mencetak gol pertama menit 17 dari tendangan keras Mohanad Ali Kadhim, setelah tinggal berhadapan dengan kiper Ernando Ari.

Baca Juga:  Hasil Pertandingan Jepang Kalahkan Vietnam di Piala Asia 2023, Pemain AS Monaco Cetak Dua Gol, Ini Klasemennya

Gol balasan Indonesia lahir cukup indah. Berawal dari aksi individu Yacob Sayuri di sisi kiri pertahanan Irak yang berhasil melewati hadangan pemain Irak, Sayuri melepas umpan matang menyusur rumput dan disambut dengan tendangan keras Marselino Ferdinan menit 37 menjebol gawang Irak.

Pressing pemain Indonesia dan disiplin menjaga daerah membuat Irak kesulitan menambah gol. Irak mencoba kombinasi serangan dengan melepas umpan lambung yang diarahkan ke jantung pertahanan Indonesia.

Dengan cermat beberapa kali pemain-pemain belakang Indonesia Elkan Baggott, Jordi Amat dan Rizky Ridho memenangi duel udara yang membuat serangan Irak menemui kebuntuan.

Memasuki injury time babak pertama, serangan Irak dari sisi kanan pertahanan Indonesia membuahkan gol menit 45+7.

Tendangan menyusur rumput yang dilepas Ali Jasmin setelah mengecoh Asnawi Mangkualam ditepis kiper Ernando Ari sambil menjatuhkan badan. Bola liar dengan cepat disergap Osama Rashid untuk menggetarkan jala Indonesia.

Gol kedua ini menjadi kontroversi, karena sebelum terjadi gol terlihat dalam tayangan ulang ada pemain Irak berada dalam posisi offside, namun VAR mengesahkan gol tersebut.

Baca Juga:  Manchester United Imbang Lawan Tottenham Hotspur, Tottenham Gagal Gusur Arsenal di Empat Besar
Baca Juga:  Kapten Asnawi Mangkualam Ungkap Kekuatan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Di awal babak kedua, pelatih Shin Tae-yong memasukkan Witan Sulaeman dan menarik kapten Asnawi Mangkualam. Ini membuat posisi Yacob Sayuri ditarik ke belakang menempati posisi Asnawi di sektor kanan. Posisi Sayuri diisi Witan.

Indonesia memiliki peluang menyamakan kedudukan menit 55. Umpan terobosan dari Rizky Ridho gagal dikontrol Marselino dengan akurat. Bola lepas. Padahal sudah berada di dalam kotak penalti.

Irak justru menambah gol menit 75 yang dicetak Aymen Hussein, setelah memenangi duel udara dengan Rizky Ridho. Bola liar dengan cepat disapu Aymen menjebol gawang Indonesia. Keunggulan Irak 3-1 bertahan hingga laga usai.

Pada laga ini Shin Tae-yong melakukan lima kali pergantian pemain. Diawali pergantian Asnawi, disusul menit 76 pelatih asal Korea Selatan itu langsung melakukan tiga pergantian pemain dengan menarik keluar lapangan striker Rafael Struick digantikan Dimas Drajad, Elkan Baggott diganti Ricky Kambuaya dan Ivar Jenner diganti Marc Klok. Setelah itu menit 88 Rizky Ridho diganti Sandy Walsh.

Seiring hasil pertandingan ini Irak menempati peringkat kedua klasemen sementara mengumpulkan tiga poin. Puncak klasemen sementara dihuni Jepang juga dengan tiga poin, setelah di laga pertama menang 4-2 atas Vietanm.

Matchday kedua, Jumat (19/1/2024) Indonesia akan bertemu sesama tim dari ASEAN, Vietnam sementara Irak melawan Jepang. (es)   

HASIL DAN JADWAL PERTANDINGAN
MINGGU, 14 JANUARI 2024
Jepang 4-2 Vietnam

SENIN, 15 JANUARI 2024
Indonesia 1-3 Irak

JUMAT, 19 JANUARI 2024
18.30 WIB – Irak Vs Jepang
21.30 WIB – Vietnam Vs Indonesia

RABU, 24 JANUARI 2024
18.30 WIB – Jepang Vs Indonesia
18.30 WIB – Irak Vs Vietnam

KLASEMEN SEMENTARA

NONEGARAMAINMNGSERIKLHGOLPOIN
1.Jepang11004-23
2.Irak11003-13
3.Vietnam10012-40
4.Indonesia10011-30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *