KONI Jatim segera Lanjutkan Puslatda Persiapan PON Aceh-Sumatera Utara 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – KONI Jatim akan segera melanjutkan Puslatda untuk persiapan menuju PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024. Rencana tersebut disampaikan Direktur Badan Pelaksana Puslatda KONI Jatim, Irmantara Subagio, Puslatda paling cepat digelar pekan kedua Januari 2024.

“(Nanti) Kita informasikan secara resmi akan digelar Januari awal ini. Sudah kami jelaskan dan kita sudah beritahukan untuk mereka (atlet) berlatih. Mungkin paling lambat minggu kedua Januari Puslatda kita mulai,” kata Irmantara Subagio, Kamis (11/1/2024).

Ibag sapaan akrabnya menyebut, semua atlet berpeluang sama masuk dalam Puslatda proyeksi PON 2024. Namun, ada beberapa persyaratan awal yang harus dipenuhi. Salah satunya, kondisi fisik setelah Puslatda berkesinambungan sempat terhenti akibat kendala teknis pada akhir 2023 lalu.

Baca Juga:  UPDATE Hasil Matchday Kedua Babak 28 Besar Liga 3 Jatim 2023/2024 dan Hasil Pertandingan Lengkap serta Jadwal Matchday Terakhir, Persid Jember dan Banyuwangi Putra Lolos ke 16 Besar

“Kita akan juga melakukan tes kepada seluruh atlet yang mengikuti. Termasuk tes fisiknya juga untuk melihat kesiapan mereka. Soal anggaran, kita diberitahu pemerintah (Pemprov Jatim), kurang lebih cukup sampai PON,” tambahnya mengungkap kekhawatiran keterbatasan anggaran akan berdampak pada persiapan Jatim di multievent olahraga terbesar di Indonesia itu.

Keyakinan Ibag, mengacu pada persiapan PON di Papua pada 2021 yang juga sempat terkendala anggaran. Namun, akhirnya berjalan mulus bahkan di tengah keterbatasan itu Jatim masih bersaing di posisi tiga besar di bawah Jabar dan DKI Jakarta. Padahal anggaran kontingen kedua daerah itu jauh lebih besar dari Jatim.

Terkait atlet premium apakah standar masuknya sama, Ibag menyebut akan ada perlakuan khusus.

Baca Juga:  Menpora Dito Terima Paparan KONI Pusat Terkait Persiapan PON 2024 Aceh-Sumut
Baca Juga:  KONI Jatim Gelar KONI Jatim Award 2023, Apresiasi bagi Atlet Berprestasi

“Kita agendakan beberapa atlet yang punya kualifikasi khusus mungkin akan kita kirim ke training camp ke luar negeri. Upaya itu hanya untuk yang punya prospek betul-betul menghasilkan medali emas,” bebernya.

Seperti atlet renang, panjat tebing atau cabor lainnya yang selama ini rutin menjadi pendulang emas Jatim di PON. Karena itu, Ibag berharap tes fisik benar-benar dijalani dengan serius oleh semua atlet.

Sedangkan bagi yang sudah menjalani program tes mandiri, ia berharap mudah-mudahan bisa langsung siap untuk mengikuti pesta olahraga di 2024. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *