Dirjen Kemendag dan Bupati Gus Muhdlor Lepas Ekspor Perdana Produk PT Wahana Kosmetika Indonesia ke Malaysia

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi, bersama Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, melepas ekspor perdana Azarine Cosmetic produk PT Wahana Kosmetika Indonesia ke Malaysia.

Ekspor perdana sebanyak 4 kontaimer ini digelar di kompleks Pergudangan Permai, Jalan Raya Gedangan, Senin (8/1/2024) siang.

“Ekspor perdana produk kosmetik ini bernilai sekitar Rp 25 miliar. Namun di tahun ini, nilai ekspor PT Wahana Kosmetika Indonesia ke Malaysia lebih dari Rp 20 miliar,” jelas Didi, Senin (8/1/2023).

Ia menambahkan, ekspor kali ini merupakan bentuk hubungan bilateral yang baik kedua negara serta keberhasilan komunikasi produsen serta keberhasilan kerja atase Kementerian Perdagangan di Malaysia.

Baca Juga:  BI Catat Cadangan Devisa Ekspor Capai $ 134,9 Miliar hingga Oktober 2023

“Kementerian Perdagangan terus berupaya mencari peluang pasar bukan hanya di Malaysia, namun juga negara lain di ASEAN,” jelas Didi.

Didi berharap, perkiraan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 sebesar 5 persen, akan mampu menggenjot ekspor Indonesia.

“Pada 2023, volume ekspor kita naik 7,2 persen yang pada akhir tahun bernilai Rp 236 miliar. Kami yakin permintaan kosmetik dunia akan terus meningkat,” imbuh Didi.

Baca Juga:  Menperin Kunjungi Sentra Kerajinan Bambu Gintangan Banyuwangi, Ekspor ke Amerika, Dubai, Australia hingga Maldives
Baca Juga:  Profesor ITS Teliti Obat Baru Antikanker dari Spons Laut

Dalam sambutannya, Bupati Gus Muhdlor sangat mengapresiasi ekspor perdana kosmetik PT Wahana Kosmetika Indonesia ke Malaysia ini. “Benang merahnya, Pemkab Sidoarjo, mendukung sepenuhnya produk UMKM go to ekspor,” tegasnya.

Sementara itu, founder PT. Wahana Kosmetika Indonesia, Yuniati Sastera Kusuma mengatakan, karakteristik yang sama antara kedua negara membuat Azarine Cosmetic dapat diterima dan disukai di Malaysia karena produknya terbuat dari bahan-bahan alami dengan harga terjangkau.

“Saya sangat bersyukur hari ini kita bisa melaksanakan ekspor perdana untuk produk PT. Wahana Kosmetika Indonesia. Saya berharap ekspor ke Malaysia ini menjadi titik awal ekspor berikutnya, sehingga produk Azarine dapat dikenal di luar negeri dan menjadi produk kebanggaan Indonesia,” ujar Yuniati.

Menurutnya, project ekspor Azarine pada Januari 2024 ini tak hanya berhenti di Malaysia saja, ke depan PT. Wahana Kosmetika Indonesia juga berencana mengekspor produk-produk terbaiknya ke wilayah Asia Tenggara lainnya hingga Uni Emirat Arab. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *