Daop 8 Surabaya Operasikan 62 Lokomotif dan 331 Kereta selama Nataru

SURABAYA, SURYAKABAR.com – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyiapkan 62 lokomotif dan 331 kereta dalam kondisi siap operasi untuk mengantar penumpang yang akan melakukan perjalanan pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan pemeriksaan harian dan berkala terus dilakukan jajaran sarana untuk memastikan kondisi lokomotif tersebut andal selama masa Natal dan Tahun Baru di tiga depo. Yakni depo lokomotif Sidotopo, depo lokomotif Surabaya Pasar Turi, dan depo lokomotif Malang.

Selain itu, dalam proses bisnis kesehariannya, masing-masing depo melakukan proses perawatan sarana mulai dari disassembly, perawatan komponen, hingga assembly.

Baca Juga:  KA Argo Dwipangga Gunakan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation Mulai 13 Desember 2023

“KAI menyertakan petugas Teknisi Kereta Api (TKA) yang akan mengawal setiap perjalanan, sebagai antisipasi apabila terdapat gangguan keselamatan dan kenyamanan perjalanan KA,” ujar Luqman di Surabaya, Kamis (14/12/2023).

Di sisi lain, pihaknya juga menyiapkan sarana penolong apabila terdapat gangguan perjalanan KA, seperti kereta penolong yang dilengkapi dengan peralatan P3K dan juga kelengkapan peralatan teknis.

Baca Juga:  DAOP 8 Imbau Warga Berhati-hati Lintasi Jalur Ganda Kereta Api
Baca Juga:  Cerita Mahasiswa Unusa Magang hingga Jadi Ustaz di Toyota Islamic Center Jepang

“Sarana penolong ini ditempatkan di Depo Surabaya Pasarturi dan Depo Malang, berdasarkan lokasi strategis apabila terdapat gangguan perjalanan KA,” ungkapnya.

Luqman menjelaskan, perawatan sarana KA memegang peranan penting dalam operasional perjalanan. “Oleh sebab itu, berbagai persyaratan harus dimiliki petugas sarana sebelum ditempatkan di Depo atau stasiun keberangkatan,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga memastikan Sumber Daya Manusia (SDM) bagian Sarana selalu siap dalam mengamankan dan menjaga kenyamanan perjalanan KA.

“Sebanyak 475 pekerja sarana telah mengantongi Sertifikat Kompetensi Tenaga Pemeriksa Sarana Kereta Api dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan KAI,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *