Kodim 0832/Surabaya Selatan Jalankan Program Karya Bakti KSAD

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Kodim 0832/Surabaya Selatan mulai menjalankan Program Karya Bakti yang digagas Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Mengajak polisi, warga dan relawan, personel TNI AD membersihkan sungai, area pasar tradisional, hingga penanaman pohon. Aksi ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir dari aliran sungai yang dipadati sampah, terutama menjelang musim penghujan.

Komandan Kodim 0832/Surabaya Selatan, Kolonel Inf. Akhmad Juni Toa didampingi Komandan Koramil 0832/08 Lakarsantri, Mayor Kav Dhani Sutrisno Waluyo memimpin langsung, normalisasi sungai di sepanjang aliran sungai di kawasan Jalan Raya Bangkingan, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Kamis (7/12/2023).

“Ini adalah Program Karya Bakti eksklusif dari Bapak KSAD yang beliau sangat concern terhadap perubahan cuaca yang akan kita hadapi di Januari. Bapak KSAD sudah memerintahkan Dandim seluruh Indonesia untuk melaksanakan program ini dengan menormalisasi sungai, pasar-pasar tradisional, dan penanaman pohon. Hari ini kita berada di Kecamatan Lakarsantri untuk menormalisasi sungai bersama Bapak Camat dan Bapak Kapolsek,” ujar Kolonel Juni usai memimpin bersih sungai di aliran sungai Bangkingan Surabaya, Kamis (7/12/2023).

Baca Juga:  Peringati Hari Air Sedunia, Kabupaten Blitar Gelar Bersih Sungai di Dusun Semanding, Bangle, Kanigoro

Sebanyak 250 orang terlibat dalam aksi bersih sungai, bersih pasar tradisional, serta penanaman pohon. Mereka berasal dari anggota TNI, Polri, warga sekitar, serta relawan. Kegiatan ini juga untuk mengantisipasi terjadinya banjir menjelang musim penghujan.

“Terutama di sepanjang aliran sungai yang banyak ditumpuki sampah dan rumput. Termasuk untuk menghindari berbagai macam penyakit. Kami ajak warga juga untuk bersih-bersih, paling tidak di lingkungan atau rumah masing-masing,” jelasnya.

Baca Juga:  Unusa Dorong Kawasan Tanpa Rokok di Surabaya
Baca Juga:  Datangkan Excavator, Lapindo dan Warga Bersihkan Sampah Sungai

Program Karya Bakti KSAD ini juga sudah disosialisasikan kepada masyarakat, terutama melalui anggota Babinsa dari masing-masing Koramil di wilayah Kodim 0832/Surabaya Selatan, yang terjun langsung ke rumah-rumah warga. Salah satunya, yang dilakukan Babinsa Koramil 0832/08 Lakarsantri Surabaya, Pelda Masroni.

“Harapannya, warga juga memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, serta bergotong royong melakukan kerja bakti, terutama dalam menghadapi musim penghujan agar tidak terjadi banjir di pemukiman warga,” ungkap Pelda Masroni.

Rencananya, Program Karya Bakti KSAD ini dilakukan secara situasional dengan melihat kondisi wilayah di setiap Koramil.

Kerja sama dengan warga akan terus dilakukan agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, serta kedekatan TNI-Polri dengan masyarakat tetap terjaga. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *