UM Surabaya Siapkan Lima Panelis dalam Uji Publik Capres-Cawapres

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menjadi tuan rumah Dialog Terbuka Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa di Gedung At-Tauhid Tower lantai 13, Jumat (24/11/2023).

Rektor UM Surabaya, Dr Sukadiono, menyebut jika pasangan Capres-Cawapres Nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah mengonfirmasi kehadirannya dalam dialog publik tersebut pada Jumat, pukul 09.00-11.00 WIB.

“InsyaAllah semua sudah disiapkan seluruh sarananya. Tentu sebagai pimpinan universitas saya berharap semuanya akan berjalan dengan lancar,” ujar Suko di Surabaya, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga:  Inovasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Olah Daun Jambu Jadi Sabun Tangan

Sukadiono menilai, uji publik di sejumlah kampus Muhammadiyah ini menjadi langkah tegas, dengan gaya Muhammadiyah yang selalu kritis, akademis, berpihak pada kepentingan umum dan berdasar Islam berkemajuan.

“Dengan uji publik akan memberikan gambaran kepada masyarakat untuk menentukan pilihan, tentu dengan harapan Pemilu 2024 berjalan damai tanpa ada perpecahan,” jelasnya.

Suko, panggilan akrab Sukadiono, juga menyebut, apa yang dilakukan Muhammadiyah di tahun politik seperti saat ini menjadi komitmen dalam memastikan calon pemimpin negara yang memiliki kapasitas yang memadai.

Selain itu, juga integritas yang teruji dan kualitas kepemimpinan yang tidak hanya diinginkan, melainkan juga sesuai dengan kebutuhan untuk mengemban amanah negara atas nama rakyat Indonesia.

“Politik kita harus semakin cerdas, semakin objektif. Semoga uji publik ini akan membantu masyarakat untuk lebih mudah menganalisis pemimpin yang berintegritas, peduli, dan mampu menjalankan tugas kepemimpinan dengan kebijakan yang berpihak pada kepentingan seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Haedar Nashir Resmikan Gedung Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Baca Juga:  Gubernur Jatim Lantik Prof Cita sebagai Direktur RSUD Dr Soetomo Surabaya

UM Surabaya akan menjadi tuan rumah uji publik pasangan Prabowo-Gibran. Acara tersebut bakal digelar di Auditorium lantai 13 Gedung At-Tauhid Tower UM Surabaya yang dihadiri juga Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof Abdul Mu’ti.

Panelis yang dijadwalkan hadir, antara lain Prof Syafiq A Mughni (Bidang Keagamaan dan Hubungan Luar Negeri), Dr Sukadiono (Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial), Prof Nazaruddin Malik (Bidang Ekonomi dan Investasi), Prof Nurul Barizah (Bidang Perempuan Hukum dan HAM), dan Dr Suko Widodo (Bidang Pendidikan Kebudayaan dan Politik).

Uji publik atau Dialog Terbuka Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa terhadap pasangan Capres ini digelar di tiga kampus Muhammadiyah di Indonesia. Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar hadir sebelumnya di kampus UM Surakarta, Rabu (22/11/2023).

Sedangkan, Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dijadwalkan di kampus UM Jakarta, Kamis (23/11/2023). Sementara, pasangan Prabowo-Gibran dijadwalkan hadir di kampus UM Surabaya, Jumat (24/11/2023). (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *