TIP FTP Universitas Brawijaya Go International, Kunjungi Berbagai Universitas di Jepang

MALANG, SURYAKABAR.com – Sejumlah dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (TIP FTP UB) mengunjungi berbagai universitas di Jepang selama 10 hari berturut turut, 3-12 November 2023.

Diketuai Wike Agustin Prima Dania, Ph.D. dengan beranggotakan Prof. Sri Suhartini, Dr. Siti Asmaul Mustaniroh, Suprayogi, Ph.D. dan Masud Effendi, STP. MP., beberapa agenda dalam kegiatan dosen berkarya tersebut di antaranya mengunjungi Graduate School of Engineering, School of Engineering – Osaka University Jepang.

Kunjungan tersebut untuk melakukan penyesuaian kurikulum serta diskusi ilmiah terkait inbound and outbound student mobility, outbound and inbound visiting staff, visiting professor, 3 in one, distance learning, dan program dosen asing.

Baca Juga:  Mahasiswa MIPA Universitas Brawijaya Olah Limbah Cangkang Tiram Jadi Bahan Alternatif Baterai

Selain itu terdapat pula kegiatan lain untuk memenuhi pencapaian IKU lainnnya seperti aktivitas penulisan artikel jurnal internasional sebagai luaran kegiatan penelitian.

Bahkan salah satu dosen TIP telah berhasil melakukan finalisasi dan submit artikel jurnal internasional selama kunjungannya di Osaka.

“Alhamdulillah, terimakasih untuk Prof. Kiyoshi Fujita dari Osaka University yang telah menyambut kami dengan hangat. Beberapa kesesuaian divisi di Graduate School of Engineering – Osaka University dan PS S1 TIP FTP UB di antaranya adalah Applied Science and Technology dengan Bioteknologi, Fisika, Dasar Ilmu Teknik, dan Sustainable Energy and Environmental Engineering dengan Sistem lingkungan, desain lingkungan berkelanjutan, material dan sumber daya lingkungan, sistem energi berkelanjutan serta beberapa divisi lainnya,” ujar Wike Agustin Prima Dania.

Karenanya Wike optimistis untuk menyinkronkan beberapa divisi Osaka University tersebut dengan mata kuliah yang merepresentasikan 4 bidang keilmuan di PS S1 TIP.

Baca Juga:  Guru Besar ITS Suarakan Pengembangan Alutsista Ramah Lingkungan
Baca Juga:  Unair Raih 4,5 Trees Rating UI GreenMetric World University Ranking 2023

“Adapun penyusunan kurikulum bersama akan dilakukan dengan mensinkronkan antara materi pada mata kuliah yang relevan, topik materi serta kredit yang akan diambil mahasiwa,” jelasnya.

Lebih lanjut Wike menjelaskan beberapa poin kesepakatan yang diperoleh antara lain, adanya kesediaan Osaka University untuk menerima mahasiswa dalam kegiatan outbound student mobility (2-week mobility atau lebih) yang difokuskan pada kegiatan penelitian yang relevan.

“Dengan demikian mahasiswa TIP FTP UB juga mempunyai kesempatan untuk melakukan penelitian di Osaka University maupun para mitranya,” tandasnya. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *