Piala Dunia U-17
Piala Dunia U-17 2023 Pakai VAR, Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti Ingatkan Pemainnya agar Hati-Hati

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Teknologi baru bagi sepak bola Indonesia bakal muncul di Piala Dunia U-17 2023. Turnamen internasional itu menggunakan teknologi video assistant referee (VAR) selama pertandingan.

Tak terkecuali pertandingan Timnas Indonesia U-17  menghadapi Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023). Laga pembuka Piala Dunia U-17 2023 ini sekaligus menandai awal penggunaan VAR di Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mengingatkan kepada para pemainnya untuk bisa beradaptasi dengan penggunaan VAR. Dia meminta anak asuhnya untuk berhati-hati, karena kini keputusan wasit jadi lebih akurat.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-17 Pantang Remehkan Kekuatan Ekuador U-17

“Saya pikir ini jadi pengalaman yang baik. Oleh sebab itu, kami harus merespons dengan baik dengan adanya VAR. Saya menyampaikan ke pemain segala momen dan apa yang dilakukan di lapangan akan terlihat di kamera,” ujar Bima Sakti, Kamis (9/11/2023).

“Oleh sebab itu, bersikap fair, harus main cerdik dan sabar. Jangan terpancing emosi. Apalagi kita kenal tim-tim pelatih pasti sering memancing, pemain jangan terprovokasi. Ada VAR yang selalu mengintai,” imbuhnya.

Baca Juga:  Kanada Siap Beri Kejutan Spanyol di Laga Perdana Piala Dunia U-17 2023
Baca Juga:  Kaledonia Baru U-17 Realistis hadapi Persaingan Ketat di Grup C Piala Dunia U-17 Bersama Brasil, Iran dan Inggris

Selain VAR, Piala Dunia U-17 2023 juga bakal mengaplikasikan goal-line technology atau teknologi garis gawang. Monitor VAR di Stadion GBT telah berdiri di area keluar-masuk pemain di lapangan.

Penyerang Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka mengaku telah mendapat masukan soal penggunaan VAR. Dia dan rekan-rekannya akan mencoba lebih berhati-hati agar tidak merugikan tim.

“Grogi tidak, cuma memudahkan kami supaya pertandingan berjalan lancar. Semoga kami tampil maksimal dan hasil yang kami raih adalah hasil yang terbaik,” ucap Arkhan.

“Cuma waspada saja dan hati-hati karena VAR itu membantu perangkat wasit. Kami juga bermain harus berhati-hati juga melakukan suatu momen atau tindakan,” ujar pemain asal Blitar tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *