SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Gelar P5 Tampilkan Beragam Budaya Indonesia

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo menggelar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Al Falah Darussalam, Jumat (3/11/2023). P5 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika itu diikuti 77 siswa siswi. Rinciannya, 37 siswi dan 40 siswa.

“Alhamdullilah anak-anak sangat antusias. Kegiatan yang dilaksanakan kelas 8 dan ditonton teman-temannya dari kelas 8 dan guru-guru ini menyuguhkan berbagai acara, nyanyi, tari, drama juga puisi. Yang mereka tampilkan semuanya budaya dari berbagai daerah di Indonesia,” ujar Lidia Nur Eka Safitri, M.Ag, Penanggung Jawab Kegiatan P5 SMP Al Falah Darussalam kepada suryakabar.com, Jumat (3/11/2023).

Berbagai tarian daerah yang ditampilkan di antaranya tari Kipas Pakarena (Sulawesi Selatan), Saman (Aceh), Manuk Dadali (Jawa Barat), Kecak (Bali). Sementara lagu yang ditampilkan di antaranya Cublak-cublak Suweng dan Soleram.

Baca Juga:  SMP Al Falah Darussalam Tropodo Sidoarjo Visit Company ke PT Amerta Indah Otsuka Pasuruan

“Juga ditampilkan drama dongeng dari Riau, Bawang Merah Bawang Putih, juga ada yang menampilkan puisi,” paparnya.

Kegiatan ini, menurut Lidia yang juga sebagai Wali Kelas 8 itu, membuat anak-anak bisa mengekspresikan kecintaannya pada kebudayaan daerah, karena yang ditampilkan beragam budaya Indonesia.

“Dengan kegiatan ini anak-anak jadi lebih mengenal kebudayaan daerah tidak hanya yang di Jawa saja, tetapi juga yang di luar Jawa. Anak-anak juga akan lebih cinta Tanah Air. Apalagi sekarang anak-anak juga banyak yang kenal drama-drama Korea,” jelasnya.

Baca Juga:  Murid Smamda Sidoarjo Juara Kompetisi English Speech The 8th M-ICO Festival 2023
Baca Juga:  Unair Raih 4,5 Trees Rating UI GreenMetric World University Ranking 2023

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB dibuka langsung Kepala Sekolah SMP Al Falah Darussalam Tropodo, Jumain S.Pd.I, M.Pd.I.

“Kegiatan seperti ini bisa menambah keberanian anak tampil di depan umum. Anak-anak tertantang untuk mengikuti kegiatan ini. Juga menambah pertemanan, karena pada kegiatan ini, setiap kelompok tidak diisi siswa dari satu kelas, namun kami campur dari berbagai kelas, sehingga mereka menjadi lebih saling mengenal,” tandasnya. (es)   

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *