Kualifikasi Piala Asia 2024
Update: Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Akhir Grup B Futsal Kualifikasi Piala Asia 2024, Indonesia Kalah dari Arab Saudi

SURYAKABAR.com – Perjuangan pantang menyerah timnas futsal Indonesia di matchday terakhir Grup B babak kualifikasi Piala Asia 2024 gagal membawa hasil positif. Ya, Indonesia menelan kekalahan 2-3 dari tuan rumah Arab Saudi di Green Hall Dammam, Rabu (11/10/2023) malam WIB.

Imbas dari kekalahan itu membuat Indonesia tidak lolos ke putaran final Piala Asia 2024 di Thailand. Indonesia menempati peringkat ketiga klasemen akhir Grup B mengumpulkan empat poin.

Dua tim yang lolos ke Piala Asia 2024 dari Grup B yakni juara grup Afghanistan dengan tujuh poin didampingi Arab Saudi sebagai runner up grup yang mengantongi enam poin.

Pertandingan melawan Arab Saudi di laga terakhir babak kualifikasi ini, Indonesia sebetulnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos. Namun, di babak pertama Indonesia justru kebobolan tiga gol.

Baca Juga:  UPDATE: Hasil Pertandingan Lengkap dan Jadwal serta Klasemen, setelah Indonesia Imbang Lawan Afghanistan, Indonesia Tetap di Puncak

Gol pembuka Arab Saudi tercipta menit 14 dari set piece tendangan penjuru. Fares Fahad meneruskan umpan tendangan penjuru dengan sepakan keras menjebol gawang Indonesia yang dikawal Ahmad Habibie.

Berselang dua menit, counter attack cepat dilancarkan Arab Saudi menghasilkan gol dari tendangan kaki kiri  Farhan Ali Al Asmari.

Arab Saudi menambah gol menit 18 dari set piece tendangan bebas yang dicetak Nawaf Almubarak. Tertinggal 0-3 Indonesia langsung memainkan powerplay dengan menempatkan Ardiansyah Nur sebagai kiper. Namun hingga babak pertama berakhir skor tetap 3-0 untuk keunggulan Arab Saudi.

Baca Juga:  Futsal Putri Pra PON Jatim Kerucutkan Pemain Seleksi Tinggal 20 Pemain

Di babak kedua, Indonesia yang di laga ini tidak diperkuat Syauqi Saud karena menjalani hukuman kartu merah langsung meningkatkan tempo permainan.

Babak kedua berjalan empat menit Ardiansyah Runtuboy memberi harapan Indonesia dengan mencetak gol untuk menipiskan ketinggalan menjadi 1-3.

Usai lahirnya gol ini, Indonesia kembali menemui kebuntuan. Akhirnya strategi powerplay kembali dimainkan ketika pertandingan menyisakan waktu 8 menit 43 detik. Kali ini Runtuboy yang diplot sebagai kiper powerplay.

Strategi powerplay ini memaksa Arab Saudi bertahan total. Tendangan keras Runtuboy menit 33 bola diblok kiper Arab Saudi. Bola mental di mulut gawang disambar Firman Adriansyah untuk menjebol gawang Arab Saudi sekaligus menipiskan ketinggalan menjadi 2-3.

Baca Juga:  Timnas Futsal Indonesia Kalahkan Fafage Banua, sebelum Tampil di Kualifikasi Piala Asia 2024

Powerplay terus dimainkan Indonesia. Sebuah kesalahan dari strategi powerplay memaksa Samuel Eko melakukan pelanggaran untuk menghambat agar pemain Arab Saudi tidak mencetak gol.

Akibatnya Samuel Eko diganjar kartu kuning kedua atau kartu merah tidak langsung saat laga menyisakan waktu 5 menit 21 detik.

Dengan bermain empat pemain selama dua menit, memaksa Indonesia bertahan. Arab Saudi gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain selama dua menit untuk mencetak gol. Akhirnya Indonesia kembali bermain normal dengan lima pemain.

Powerplay kembali dimainkan, namun hingga laga usai Indonesia tetap menemui kebuntuan untuk menambah gol. (es) 

HASIL PERTANDINGAN

SABTU, 7 OKTOBER 2023
Indonesia 12-0 Macau

MINGGU, 8 OKTOBER 2023
Arab Saudi 2-3 Afghanistan

SENIN, 9 OKTOBER 2023
Afghanistan 7-7 Indonesia
Macau 0-9 Arab Saudi

RABU, 11 OKTOBER 2023
Afghanistan 18-2 Macau
Indonesia 2-3 Arab Saudi

KLASEMEN AKHIR

NONEGARAMAINMNGSERIKLHGOLPOIN
1.Afghanistan321028-117
2.Arab Saudi320114-56
3.Indonesia311121-104
4.Macau30032-390

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *