Piala Sumpah Pemuda 2023
SMKN 1 Sidoarjo Juara Futsal Piala Sumpah Pemuda 2023

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Tim futsal putra SMKN 1 Sidoarjo merebut juara Piala Sumpah Pemuda 2023 Sidoarjo, setelah di final menang 3-2 atas SMAN 1 Wonoayu di GOR Sidoarjo, Rabu (11/10/2023) malam.

Mengawali pertandingan SMKN 1 Sidoarjo langsung tancap gas. Dimotori Achmad Guntur dan Syahrul Kukuh Setyo Budi, SMKN 1 Sidoarjo mendominasi pertandingan di awal laga.

Tekanan SMKN 1 Sidoarjo membuahkan gol pertama dari set piece kick in. Bola sodoran Guntur diteruskan Irul, panggilan dari Syahrul Kukuh Setyo Budi menjebol gawang SMAN 1 Wonoayu.

Unggul 1-0 serangan SMKN 1 Sidoarjo makin gencar. Dua gol beruntun dilesakkan Guntur untuk membawa SMKN 1 Sidoarjo unggul 3-0 hingga babak pertama berakhir.

Baca Juga:  Ini 15 Negara sudah Lolos ke Futsal Piala Asia 2024, Asean Ada Tiga Negara, Satu Tiket Terakhir Diperebutkan Tiongkok dan Hongkong

Tertinggal 0-3, SMAN 1 Wonoayu bangkit di babak kedua. Mereka meningkatkan tempo dan lebih banyak menguasai jalannya pertandingan.

SMKN 1 Sidoarjo terbawa irama permainan SMAN 1 Wonoayu yang cenderung main cepat untuk mengejar ketinggalan.

Saling counter attack akhirnya terjadi. SMAN 1 Wonoayu mampu memaksimalkan counter attack untuk mencuri dua gol yang dicetak Edgarda sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-3.

Di sisa waktu pertandingan, SMAN 1 Wonoayu terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Namun, hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan ditiup wasit kedudukan tetap 3-2 untuk kemenangan SMKN 1 Sidoarjo.

“Permainan anak-anak di babak pertama sesuai pakem, kompak. Tapi di babak kedua, anak-anak terbawa irama permainan lawan yang main cepat. Akhirnya terjadi saling counter dan kami malah kebobolan dua gol. Setelah kami timeout, permainan anak-anak kembali ke pakem awal,” ujar Andriyan Rizal, Pelatih SMKN 1 Sidoarjo menjawab suryakabar.com, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga:  Update: Hasil Pertandingan Lengkap dan Klasemen Akhir Grup B Futsal Kualifikasi Piala Asia 2024, Indonesia Kalah dari Arab Saudi
Baca Juga:  Futsal Putri Pra PON Jatim Kerucutkan Pemain Seleksi Tinggal 20 Pemain

Pelatih yang akrab disapa Endok ini mengakui ketika tim asuhannya mengikuti alur permainan cepat SMAN 1 Wonoayu, permainan Guntur dkk malah kedodoran.

“Ketika ikut tempo mereka yang cepat, kita malah kuwalahan. Secara keseluruhan sudah bagus, mental bertanding bagus. Cuma itu tadi, anak-anak masih gampang terbawa tempo permainan lawan. Ini yang jadi PR buat kami,” urai Endok yang mengarsiteki SMKN 1 Sidoarjo berduet dengan Yeyen Beni.

Bagi SMKN 1 Sidoarjo, sukses ini merupakan gelar juara untuk pertama kali sepanjang 2023. “Juara ini untuk yang pertama kali pada 2023,” tandasnya.

Sementara itu Irul yang masih duduk di kelas X TPTUP mengaku sangat senang bisa ikut membawa SMKN 1 Sidoarjo merebut juara. “Senang bisa membawa SMKN 1 Sidoarjo juara. Tidak sia-sia latihan saya selama ini,” terang Irul.

Menurut arek RT 16 Kelurahan Magersari ini dirinya tidak butuh waktu lama untuk adaptasi dengan seniornya di SMKN 1 Sidoarjo, karena sudah sering latihan bersama di Akademi Flaminio. “Banyak yang sudah sering main bareng di Flaminio,” imbuhnya.

Sukses SMKN 1 Sidoarjo merebut juara semakin lengkap, setelah pemainnya Achmad Guntur dinobatkan sebagai best player di turnamen yang diikuti 47 tim itu. (es)       

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *