BKGN 2023, FKG Unair Terjunkan 250 Dokter Layani Pemeriksaan Gigi Gratis

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG Unair) bekerja sama dengan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Surabaya menerjunkan 250 dokter gigi untuk melayani pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gigi dan mulut secara gratis kepada ratusan warga Surabaya. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023 yang digelar 10-12 Oktober 2023.

Kegiatan BKGN 2023 ini dibuka langsung Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, di RSGMP FKG Unair. Dalam kegiatan ini, sebanyak 750 warga, terdiri dari anak-anak dan dewasa menjalani perawatan gigi gratis serta konsultasi kesehatan gigi dan mulut dengan didampingi 250 dokter gigi yang disiapkan.

Pemkot Surabaya dan FKG Unair siap terjun ke sekolah-sekolah untuk mengatasi karies gigi bagi anak-anak Surabaya.

Baca Juga:  Mengenal Fadillah Marzely, Wisudawan Peraih IPK Tertinggi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya

Selain melakukan pendampingan untuk perawatan gigi, tim juga melakukan pendampingan kepada sekolah untuk menyusun regulasi atau aturan jenis makanan apa saja yang boleh dimakan dan dijual di sekolah-sekolah Surabaya. Sebab, sebagian besar penyakit gigi itu disebabkan konsumsi gula.

“Pemkot Surabaya dan FKG Unair akan melakukan pendampingan perawatan gigi agar tidak terjadi karies. Bahkan, saat ini FKG Unair sudah turun ke Rumah Anak Prestasi Surabaya untuk menjaga gigi anak-anak Surabaya,” ujar Wali Kota Eri, usai meninjau pemeriksaan gigi gratis di RSGMP FKG Unair Kampus A Surabaya, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga:  Rektor Unesa Dorong Lulusan jadi Pemimpin dan Songsong Indonesia Emas 2045
Baca Juga:  SD Al Falah Darussalam 2 ICP Tropodo Waru Gelar Ujian Internasional

Dekan FKG Unair, Prof Dr Muhammad Luthfi mengatakan, BKGN 2023 ini merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga, dalam acara ini juga dilakukan perawatan gigi gratis kepada 750 warga, termasuk bagi anak-anak berkebutuhan khusus Surabaya.

Prof Luthfi menjelaskan, ada tiga tahap program yang digelar dalam kegiatan ini. Pertama, edukasi melalui online. Kedua, melakukan pemeriksaan langsung ke sekolah-sekolah SD, jika ada indikasi untuk perawatan, akan dilakukan perawatan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Unair. Ketiga, melakukan perawatan gigi gratis untuk warga dan juga keluarga besar Unair.

“FKG Unair memastikan sudah menyiapkan tim untuk melakukan pemeriksaan langsung ke sekolah-sekolah. Ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mengendalikan karies gigi yang terus meningkat dari tahun ke tahun,” jelasnya.

Prof Luthfi menambahkan, program FKG Unair yang sejalan dengan Pemkot Surabaya ini diharapkan bisa mengurangi dan mengendalikan penyakit karies bagi anak-anak di Surabaya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *