Rotary Club Sidoarjo Gelar Bakti Sosial di SLB B Dharma Wanita

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Rotary Club Sidoarjo menggelar bakti sosial edukasi menstruasi dan menyalurkan donasi pakaian dalam serta pembalut kepada puluhan murid SLB B (tuna rungu) Dharma Wanita Sidoarjo, Jalan Pahlawan, Gang Taman Makam Pahlawan, Jumat (6/10/2023).

Presiden Rotary Club of Sidoarjo, Setiyani Untari menuturkan, kegiatan sosial seperti ini rutin digelar di sekolah luar biasa.

“Tujuan kami mengadakan kegiatan Jumat Sehat perihal menstruasi ini adalah sebagai kepedulian pada anak-anak usia pra remaja yang membutuhkan dukungan sosial dalam membentuk perilaku personal higiene khususnya pada
anak tuna rungu yang sedang mengalami menstruasi,” tuturnya.

Baca Juga:  MPLS SMA/SMK/SLB di Jatim Pecahkan Rekor MURI, Diikuti 3.395 Sekolah

Ia menambahkan, dibutuhkan pendekatan khusus pada para murid SLB B dalam hal kebersihan pribadi, terutama selama menstruasi yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan mereka secara keseluruhan.

“Kegiatan ini karena adanya keterbatasan komunikasi dan pendengaran serta sulitnya siswa untuk menerima informasi edukasi sehingga diperlukan pendekatan khusus dalam rangka memberikan pemahaman dan dukungan sebagai bekal kemandirian para siswa,” terangnya.

Baca Juga:  Peringati Hari Anak Nasional, Seratusan Murid SLB Pentas dan Bermain Gratis di Lippo Plaza Sidoarjo
Baca Juga:  Pertamina Gelar SMEXPO 2023, UMKM Pertamina Siap Rebut Pasar Nasional

Kepala sekolah SLB B Dharma Wanita Sidoarjo Evi Ernawati mengapresiasi para volunter yang menaruh perhatian pada anak-anak disabilitas.

“Kami berharap kegiatan seperti ini tidak cukup sampai disini karena sangat menghibur dan membantu para anak-anak didik,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, empat murid SLB B menampilkan fashion show. “Kain yang mereka kenakan adalah eco print hasil karya anak-anak sendiri,” imbuh Evi. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *