Jadi Tuan Rumah Kelas Internasional, Untag Surabaya Siap Kolaborasi Penelitian

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menjadi tuan rumah kelas internasional bertajuk ‘International Conference Physics and Mechanics of New Materials and Their Applications (PHENMA) 2023.

Kegiatan ini bertujuan menarik peneliti dari negara-negara Asia dan kawasan Samudera Asia-Pasifik, serta negara-negara lain untuk memenuhi penelitian bersama dan kolaborasi ilmiah.

Konferensi ini menghadirkan Prof Shun-Hsyung Chang dari Taiwan, Dr Yu. E. Drobotov dari Rusia, dan Dr Prateek Upadhyay dari India untuk saling menukar ide tentang pengetahuan eksperimen fisika sebagai implementasi bagi masyarakat.

Ketua Pelaksana PHENMA 2023, Erni Puspanantasari Putri mengatakan, PHENMA menerima 350 abstraksi yang berasal dari 16 negara. Di antaranya, dosen dan mahasiswa Untag Surabaya mengirimkan 140 abstraksi.

Baca Juga:  Cegah Kebocoran Data, Dosen Untag Tekankan Pentingnya Pengumpulan Data Etis dan Legal

“PHENMA memberikan wadah di setiap proyek penelitiannya yang diseleksi untuk bisa masuk ke Nova Science Publisher USA, Springer UK,” ujar Erni melalui keterangannya di Surabaya, Kamis (5/10/2023).

Erni menjelaskan, pemaparan penelitian juga dilakukan secara hybrid. “Semoga selama enam hari (3-8 Oktober 2023) kegiatan ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi perkembangan tujuan PHENMA,” jelasnya.

Menurut Erni, Untag Surabaya mulai bekerja sama sejak 2016 dalam kegiatan PHENMA. “Tahun ini yang ke-11, kami kembali dipercaya menjadi tuan rumah setelah 2016 lalu,” ungkapnya.

Rektor Untag Surabaya, Prof Mulyanto Nugroho menyambut baik kedatangan para tamu PHENMA di Kampus Merah Putih. Ia menilai konferensi ini penting untuk membawa pemikiran, baik untuk ke depannya, terutama untuk persiapan go internasional.

Baca Juga:  Angkat Destinasi Wisata Desa, Tim CEJESS PCU Juarai KIM Hackaton 2023
Baca Juga:  Dosen dan Mahasiswa Ubaya Buat Kukis dan Teh dari Daun Jati

“Semoga kegiatan ini menjadi titik awal untuk membawa pemikiran untuk perkembangan pengetahuan bagi kita semua, sehingga nantinya Untag Surabaya juga semakin matang dan siap dalam go internasional,” terangnya.

Sementara Wakil Rektor I Untag Surabaya, Harjo Seputro menyampaikan, Untag Surabaya juga berpotensi untuk mengembangkan material yang ada.

“Pengembangan material yang ada juga menjadi faktor Untag Surabaya menjadi partisipan selain menjadi tuan rumah kegiatan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan I Fakultas Teknik Untag Surabaya, Ir Gatut Priyo Utomo, mengaku senang dengan hadirnya kegiatan positif ini untuk peningkatan mutu jaminan pendidikan secara global.

Menurut Gatut, kegiatan ini bisa menjadi media promosi Untag Surabaya di kancah internasional dalam bidang kemajuan penelitian.

“Kegiatan ini mencerminkan komitmen peningkatan perkembangan global melalui kolaborasi berbagi pengetahuan dan wawasan,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *