Bandara Juanda Catatkan Pertumbuhan Penumpang 35 Persen hingga Tri Wulan III 2023

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Bandar Udara Internasional Juanda hingga triwulan III atau dari Januari hingga September 2023 telah melayani 10.428.210 penumpang atau mengalami kenaikan 35,26 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

“Pada Triwulan III ini jumlah penumpang meningkat jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 7.709.605 penumpang. Sedangkan untuk pergerakan pesawat juga mengalami kenaikan yaitu mencapai 71.896 atau meningkat 28,47 persen jika dibanding tahun sebelumnya sejumlah 55.964 pergerakan pesawat,” tutur General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar, Kamis (5/10/2023).

Ia menambahkan, untuk kargo cenderung stabil. “Kemudian untuk kargo terjadi penurunan sedikit yaitu -1,76 persen atau sebesar 50.548.241 kg yang dibandingkan periode sebelumnya sebesar 51.451.493 kg,” tambahnya.

Baca Juga:  KAI akan Luncurkan Kereta Suite Class Kompartemen

Menurut Sisyani, jumlah penumpang yang dilayani masih didominasi penumpang penerbangan domestik. Namun penerbangan internasional jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami kenaikan yang signifikan.

“Penerbangan internasional di Januari hingga September 2023 mengalami kenaikan sebesar 211 persen untuk jumlah penumpang. Penumpang internasional mencapai 1.514.236 penumpang untuk periode hingga September 2023, sedangkan pada periode tahun sebelumnya mencapai 486.662 penumpang. Tidak hanya itu jumlah pesawat penerbangan internasional juga mengalami peningkatan sebesar 186 persen jika dibandingkan periode tahun sebelumnya. Pada periode saat ini mencapai 9.157 pergerakan pesawat, sedangan pada periode tahun lalu mencapai 3.193 pergerakan pesawat,” urainya.

Baca Juga:  Angkat Destinasi Wisata Desa, Tim CEJESS PCU Juarai KIM Hackaton 2023
Baca Juga:  Penerbangan Kedatangan Domestik Pelita Air dan Air Asia Dipindah ke Terminal 1A Bandara Juanda

Untuk mengantisipasi terus naiknya jumlah penumpang, serangkaian upaya telah dilaksanakan, di antaranya yang terbaru adalah pengaktifan Terminal Kedatangan T1A.

“Sejak pertengahan tahun ini, kami membuka Terminal Kedatangan T1 A guna menambah kenyamanan bagi para pengguna jasa Bandara. Hal tersebut merupakan salah satu respons kami mengingat tren positif pertumbuhan jumlah penumpang, sehingga diharapkan dengan terus meningkatnya jumlah penumpang, fasilitas kami pun lebih dari cukup untuk melayani kebutuhan para pengguna jasa,” ungkap Sisyani Jaffar.

“Adapun seluruh upaya yang telah kami jalankan terus dilakukan secara konsisten. Oleh karena itu, kami akan semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga tingkat kepercayaan atas aspek keamanan dan kenyamanan penumpang selama berada di bandara dan tentunya kami berharap dan selalu optimis hingga akhir tahun nanti baik arus pesawat, penumpang dan barang dapat terus meningkat, hingga pada akhirnya dapat kembali menyamai dengan periode sebelum terjadinya Pandemi Covid-19,” imbuh Sisyani Jaffar. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *