Unesa dan Universitas Malaya Kerja Sama Perkuat Ekosistem Akademik PK-KM 2023

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjalin kerja sama dengan Universitas Malaya, Malaysia untuk mewujudkan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) 2023. Salah satunya, dengan pertukaran dosen.

Pada kesempatan ini, dosen dari Department of Educational Management, Planning and Policy, University of Malaya, Prof Dr M Faizal bin Abdul Ghani PhD, memberikan kuliah tamu di hadapan mahasiswa prodi S-1 Manajemen Pendidikan (MP), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unesa.

Prof Faizal menyampaikan seputar strategi dan metodologi riset. “Riset tidak bisa sembarangan, agar bisa masuk publikasi di jurnal bereputasi, peneliti harus memperhatikan tren riset terkini di berbagai bidang, termasuk manajemen pendidikan,” ujar Prof Faizal di Meeting Room, Lantai 9 Gedung Rektorat Unesa, Kampus Lidah Wetan Surabaya, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga:  Kemenko PMK dan Unesa Rintis dan Perkuat Desa Literasi di Jatim

Selain pertukaran dosen, PK-KM 2023 juga ada coaching clinic penelitian dan publikasi yang melibatkan dosen Manajemen Pendidikan dan Universitas Malaya, Malaysia. Program ini bertujuan mewujudkan aspirasi dan mendorong capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.

Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kemahasiswaan, dan Alumni FIP Unesa, Prof Dr Budi Purwoko SPd MPd, berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja akademik di Unesa.

“Dalam kegiatan ini ada perwakilan dari tiap prodi yang akan mempersiapkan artikel siap publikasinya bersama pakar dari Malaysia. Harapannya, kegiatan ini bisa menjadi poin penting yang meningkatkan kinerja akademik,” jelasnya.

Baca Juga:  DPMPTSP Sidoarjo Catat Investasi Semester I Rp 5,6 Triliun Serap 10.592 Tenaga Kerja
Baca Juga:  Kenalkan Batik Sidoarjo pada Tamu, Hotel Aston Sidoarjo Gandeng SMKN 1 Jabon

Dalam kesempatan yang sama, Kaprodi S-1 Manajemen Pendidikan Unesa, Syunu Trihantoyo SPd MPd mengatakan, kegiatan ini akan difokuskan pada pengajaran, coaching clinic, dan penyiapan artikel siap publikasi. Diharapkan, kuantitas dan kualitas publikasi dosen bisa meningkat.

“Kegiatan ini nanti juga akan berfokus di penyiapan artikel. Dosen yang telah menyiapkan artikel di bidang Manajemen Pendidikan nanti dapat memaparkan artikelnya untuk dipersiapkan bersama Prof Faizal. Targetnya, nanti akan ada artikel yang siap untuk publikasi,” terangnya.

Selain bekerjasama dengan Universitas Malaya, PK-KM 2023 ini selanjutnya akan dilaksanakan bersama Universitas New South Wales (UNSW) Sydney, Australia. Kegiatan ini dihadiri mahasiswa dan jajaran dosen FIP. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *