Unesa Masuk 10 Besar Nasional Indikator International Outlook THE WUR 2024

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masuk 10 besar nasional untuk indikator International Outlook Times Higher Education World University Ranking (THE WUR) 2024.

Pada THE WUR itu, Unesa menduduki peringkat 1.501+ dunia. Untuk indikator international outlook, Unesa menempati posisi ke-10 nasional dengan nilai 35.5 dari skor tertinggi perguruan tinggi dunia, 98.8.

“Kami unggul di indikator international outlook, masuk top 10 nasional dan rangking 1.315 dunia,” ujar Direktur Inovasi Pemeringkatan dan Publikasi Ilmiah Unesa, Prof Nadi Suprapto, melalui keterangan tertulisnya di Surabaya, Minggu (1/10/2023).

Selama berpartisipasi dalam THE WUR periode 2022 dan 2023, Unesa masih berstatus sebagai reporter. Namun, berkat komitmen dan kerja keras seluruh jajaran, indeks Unesa tahun periode 2024 meraih catatan cukup bagus.

Baca Juga:  Kukuhkan 8 Guru Besar, Rektor Unesa Dorong untuk Terjun ke Desa

“Alhamdulillah atas dukungan semua pihak, para pimpinan rektorat hingga fakultas dan prodi, seluruh sivitas akademika, Unesa mampu masuk dalam peringkat perguruan tinggi dunia,” jelas Prof Nadi.

Menurut Prof Nadi, hasil itu menjadi motivasi untuk meningkatkan peringkat di level dunia. Aspek yang perlu ditingkatkan, yakni indikator teaching, research dan industry income. Selain itu, aspek sitasi juga menjadi perhatian khusus.

Baca Juga:  Mahasiswa Vokasi Unair Rancang Drone Bawah Laut Jarak Jauh Berbasis Android dan AUV
Baca Juga:  Siswa Elyon Christian School Kurangi Screen Time Lewat Coaching Clinic

Ke depan, Unesa memasang target tinggi. Untuk jangka panjang pada pemeringkatan QS, targetnya bisa masuk 500 dunia. Itu dicapai secara bertahap dengan strategi khusus.

Untuk pemeringkatan THE WUR, dari posisi 1.501 dunia tahun ini bisa naik ke peringkat 1.200-an dan tahun berikutnya masuk top 1.000 dan seterusnya.

“Kerja sama semua sivitas akademika dari bidang satu, bidang dua, bidang tiga dan bidang empat mutlak diperlukan,” ungkapnya.

Bagi Unesa, pemeringkatan dunia seperti THE WUR penting untuk meningkatkan rekognisi internasional. Selain pemeringkatan QS, THE WUR menjadi acuan Diktiristek untuk mengalokasikan dananya terhadap PTN-BH, terutama melalui program Enhancing Quality Education for International University Recognition atau EQUITY Project. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *