FEB UHW Perbanas Ikuti Training IACBE, Siap Raih Akreditasi Internasional

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas Surabaya siap meraih akreditasi internasional untuk empat program studi (Prodi) yang telah disetujui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Untuk mencapai target itu, jajaran pimpinan UHW Perbanas bersama tim akreditasi mengikuti inhouse training yang digelar International Accreditation Council for Business Education (IACBE).

Empat prodi yang disetujui itu, yakni S1 Akuntansi, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Syariah, dan S2 Manajemen. Hal itu tertuang dalam Pengumuman Hasil Seleksi Proposal Program Bantuan Fasilitasi Program Studi untuk Mendapatkan Akreditasi Internasional 2023.

Dekan FEB UHW Perbanas, Dr Lutfi SE MFin, mengatakan, dukungan itu tidak terlepas atas capaian akreditasi program studi di fakultasnya secara nasional sudah paling tinggi yaitu Unggul dan meraih nilai A.

Langkah berikutnya adalah pengakuan secara internasional yang sesuai rencana strategis (Renstra) tercapai pada 2025.

Baca Juga:  35 Mahasiswa Inbound UHW Perbanas Dikenalkan Budaya Kota Surabaya

“Jadi, mulai tahun 2021 yang lalu, kita sudah persiapan menjadi member of IACBE. Targetnya, tahun 2023 ini kita menjadi Candidancy Accreditation, yaitu calon perguruan tinggi yang fakultasnya akan diakreditasi internasional,” ujar Lutfi di sela-sela kegiatan Inhouse Training IACBE di Novotel Samator Hotel Surabaya Timur, Selasa (19/9/2023).

Lutfi menjelaskan, pihaknya bersama tim akreditasi dan jajaran pimpinan UHW Perbanas tengah mengikuti pelatihan persiapan dokumen kelayakan tahap berikutnya untuk akreditasi.

Dokumen tersebut paling lambat di-submit pada Desember 2023. ”Namun, kami punya keinginan di akhir September 2023 ini sudah kita submit,” harapnya.

Baca Juga:  LPPM PCU Ajak Warga Perkotaan Budidaya Aquaponik Lewat Green Festival 2023
Baca Juga:  SD Muhammadiyah IV Sidoarjo Terapkan Pelajaran Tidur Siang

Di sisi lain, keuntungan apabila sudah terakreditasi internasional, salah satunya, FEB UHW Perbanas akan dimudahkan dalam menjalin kerja sama dengan kampus luar negeri. Terutama, anggota-anggota yang sudah tergabung dengan IACBE karena berstandar internasional.

“Harapan kami sebetulnya adalah sebisa mungkin pada tahun 2024, empat prodi tadi sudah terakreditasi internasional,” katanya.

Sementara, untuk memenuhi percepatan target, Presiden Direktur IACBE, Dr Laurie Yates, datang langsung dari Amerika Serikat untuk memberikan materi dan evaluasi terhadap materi yang dipersiapkan.

”Hari ini kita ingin menyelesaikan satu aspek penting, namanya Academic Outcome Plan. Yaitu merencanakan lulusan akan seperti apa. Jadi, capaian kami menjadi beberapa poin penting, yakni aspek etika, pemahaman aspek di bidang bisnis, kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kemampuan komunikasi dan teknologi,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *