Basket Jatim Kalahkan Bangka Belitung, Ketua KONI Jatim Taruh Harapan Besar pada Basket di PON

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tim basket Jatim terus mematangkan persiapan sebelum tanding di Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Bali, Oktober 2023.

Selain latihan rutin, basket Jatim juga menggelar uji coba. Seperti yang dilakukan, Senin (18/9/2023), basket Jatim menjajal kekuatan Bangka Belitung pada uji coba di GOR Kertajaya Surabaya.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur, Muhammad Nabil, meninjau persiapan tim basket Jatim menjelang BK PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 saat basket Jatim putra uji coba melawan Bangka Belitung. Dalam laga uji coba ini, Jatim menang dengan skor 60-54.

Baca Juga:  Pra Porprov Basket hanya Gelar Kategori Putra, Ini Penyebabnya

Melihat hasil tersebut, Nabil menilai penampilan anak-anak Jatim belum 100 persen pada laga uji coba ini.
Ini memang bisa dimaklumi sebagai upaya dari tim pelatih untuk menjaga kondisi pemain.

Kendati belum 100 persen, Nabil optimistis basket Jatim bisa lolos ke PON 2024 nanti. “Mereka sudah digembleng di beberapa tempat, sekarang TC penyesuaian chemistry, ditambah fisik, kemudian juga kegiatan lain yang mendukung pelaksanaan Pra PON. Mudah-mudahan mereka lolos BK PON ke PON,” kata Nabil.

Dengan sisa waktu dua minggu, mantan Komisioner KPU Jatim itu berpesan kepada tim pelatih dan para atlet agar serius melakukan persiapan. Kemudian, menjaga kondisi fisik agar tidak mengalami hal-hal tidak diinginkan menjelang BK PON ini.

Baca Juga:  Ini Klasemen Akhir Perolehan Medali Porprov Jatim VIII 2023
Baca Juga:  Futsal Sidoarjo Berharap Segera Miliki Gedung Bertaraf Nasional

“Kemudian pesan saya tidak boleh ada sikap sombong atau meremehkan lawan. Siapapun lawan itu adalah tantangan dan harus dilakukan dengan permainan terbaik. Saya lihat pemain oke, pelatih juga oke semua, semoga hasilnya juga oke,” pungkasnya.

Sementara itu, Pelatih Basket Putra Jatim Aries Herman mengaku, secara permainan belum memuaskan, karena masa persiapan yang baru berjalan satu minggu.

Karena itu, di sisa waktu yang ada ini ia berusaha mematangkan chemistry antar pemain dan memperbaiki kekurangan dalam permainan. “Secara materi tim ini ada peluang, cuma karena persiapan minim target kami lolos dulu,” ujar Aries. (es)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *