Futsal Porprov Jatim 2023
Futsal Putri Sidoarjo Juara Porprov Jatim VIII 2023, Final Kalahkan Gresik

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Futsal putri Sidoarjo menorehkan sejarah di Porprov Jatim. Ini seiring keberhasilannya merebut juara sekaligus meraih medali emas, setelah pada laga final Porprov Jatim VIII 2023 memetik kemenangan 6-1 atas Gresik di Fatkhi Futsal Center Sidoarjo, Sabtu (16/9/2023).

Sidoarjo langsung tancap gas. Laga baru bergulir tiga menit Sidoarjo unggul 1-0 lewat gol yang dicetak Zulfa Marsha Adilah. Gol pertama Sidoarjo ini berawal dari keberhasilan Layu Ayu Fitriani merebut bola di garis tengah.

Bola didribel hingga masuk pertahanan Gresik. Kemudian diumpan ke Zulfa. Dalam posisi dihadang dua pemain Gresik, Zulha berhasil mengecoh dan melepas tendangan melambung tidak terlalu keras sementara kiper Gresik sudah terlanjur maju.

Baca Juga:  Ini Jumlah Wasit Futsal yang Bertugas di Porprov Jatim VIII 2023, Dibuat Tiga Sheet karena Hari Pertandingan Cukup Panjang

Berselang satu menit Gresik nyaris menyamakan kedudukan. Namun tendangan jarak jauh Divany Ade Fitriana mengenai tiang dan bola kembali ke lapangan.

Sidoarjo di babak pertama lebih banyak mengurung pertahanan Gresik. Praktis Gresik hanya mengandalkan serangan balik.

Kapten tim Ramadita Dwi Ambarani menggandakan keunggulan Sidoarjo menit 6. Gol ini lahir dari tendangan bebas jarak jauh bebera meter dari lingkaran tengah. Bola tidak terlalu keras, namun bola mantul di lantai gagal ditangkap kiper Gresik Anggita Nicky Shabrina.

Gol ketiga Sidoarjo juga tercipta dari tendangan jarak jauh yang dicetak Cindy Snovita Putri menit 9. Bola lambung mengenai mistar gawang dan masuk.

Baca Juga:  Sepak Bola Sidoarjo Ukir Sejarah di Porprov Jatim, Kawinkan Juara di Porprov Jatim VIII 2023
Baca Juga:  UPDATE: Hasil Pertandingan Perebutan Medali Perunggu dan Jadwal Final, Peluang Sidoarjo Kawinkan Juara Futsal Porprov Jatim VIII 2023

Unggul tiga gol permainan Sidoarjo semakin sulit dibendung. Aliran bola dari kaki ke kaki sulit direbut pemain Gresik.

Dua gol beruntun menit 15 dan menit 16 diborong Nurul Faiza sekaligus mengubah kedudukan 5-0. Gol keempat Sidoarjo lahir cukup indah.

Berawal dari aksi individu Zulfa mendribel bola dari tengah hingga sisi kanan pertahanan Gresik, bola kemudian dilepas ke tiang jauh langsung disambut Nurul menjebol gawang Gresik.

Di babak kedua, Gresik bangkit. Sidoarjo kesulitan menambah gol. Justru Gresik berhasil memperkecil ketinggalan menit 32 dari gol Nur Hamidha. Sidoarjo baru bisa memecah kebuntuan gol di babak kedua menit 35 lewat Rossa Ilma Silvia. Skor 6-1 bertahan hingga laga usai.

“Di babak kedua, Gresik meningkatkan tekanan. Sebetulnya anak-anak juga memiliki peluang, namun finishing kendalanya,” ujar Ruliyanto, Head Coach futsal putra Sidoarjo menjawab suryakabar.com usai pertandingan.

Sukses ini menjadi sejarah bagi futsal Sidoarjo. Tahun lalu Sidoarjo kandas di perempat final dan pada Porprov Jatim VI 2019 di Tuban, Sidoarjo tidak ikut.

Sementara bagi Gresik, meski kalah di final dan merebut medali perak, namun menjadi peningkatan, setelah tahun lalu merebut medali perunggu. (es)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *